Komitmen Bersama, Pemkot Batu Tandatangani Satu Data Indonesia

Kadiskominfo Pemkot Batu, Mochamad Agoes Machmoedi, saat menandatangani Komitmen Bersama Implementasi Satu Data Indonesia. (Foto: Diskominfo Pemkot Batu).

BACAMALANG.COM – Sebagai komitmen mewujudkan Satu Data Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama dengan BPS (Badan Pusat Statistik) Jawa Timur, melakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Implementasi Satu Data Indonesia dalam Rangka Penyelenggaraan Sistem Statistik Nasional, Rabu (3/2/2021) pagi.

Penandatanganan ini diikuti oleh Dinas Kominfo dan BPS Kota/Kabupaten seluruh Provinsi Jawa Timur. Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu turut hadir secara Virtual di ruang Command Center Pemkot Batu.

Penandatanganan ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan Satu Data Jawa Timur, dalam mendukung tercapainya Satu Data Indonesia.

“Ini adalah langkah awal serta penyemangat untuk bersama-sama dan berkolaborasi untuk mewujudkan Satu Data Jawa Timur dan Indonesia,” Kata Kepala BPS Jawa Timur, Dadang Hardiwan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si juga mengatakan, perlu adanya kolaborasi dan kerjasama antar semua elemen untuk mewujudkan data yang update.

“Kita harus bersama-sama bersinergi, semua harus bersambung. Sistem mungkin siap, operator siap, tapi kalau tidak update data semua hal tersebut tidak akan berjalan dengan baik,” kata Khofifah.

Khofifah menambahkan, data adalah salah satu bentuk kekayaan yang lebih berharga daripada mineral.

“Data adalah sebuah kekayaan, sumber kekayaan melebihi mineral. Data merupakan referensi besar dalam mengambil keputusan dan mendorong signifikansi percepatan produktifitas pembangunan,” pungkas Khofifah. (Eko)