Dewan Minta Pemkab Fasilitasi Petani Padi Hidroganik Pagelaran

Komisi II DPRD Kab Malang kunker ke Petani Padi Hidroganik Pagelaran. (ist).

BACAMALANG.COM – Guna memaksimalkan hasil untuk kemakmuran warga, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Malang, Muslimin meminta Pemerintahan Kabupaten Malang memberikan fasilitas Petani Padi Hidroganik di Desa Kanigoro Kecamatan Pagelaran.

Hal ini dikatakan pria yang juga Sekretaris DPC PKB Kabupaten Malang ini, saat kunjungan ke Bengkel Mimpi milik Pionir Padi Hidroganik Basiri baru-baru ini.

Seperti diketahui, rombongan
Komisi II DPRD Kabupaten Malang melakukan kunjungan kerja ke Basiri pelopor Pertanian Padi Hidroganik Kabupaten Malang.

Muslimin yang juga anggota DPRD Kabupaten Malang dua periode ini mengatakan, Basiri adalah warga desa Kanigoro Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang yang telah berhasil mewujudkan mimpinya menanam padi di pipa model Hidroganik.

Muslimin menuturkan, bermula dari keprihatinannya (Basiri) dengan limbah di sekitar dan ingin memberdayakan warga, akhirnya melalui Bengkel Mimpi miliknya sekarang sudah berhasil membudidayakan padi organik yang unggul dan super.

“Padi yang dihasilkan termasuk organik dengan kualitas premium, harga berasnya bisa sampai 2-3 kali lipat dari harga padi olahan biasa,” terang Muslimin.

Muslimin menjelaskan, selain padi, di bawahnya juga bisa dibuat memelihara ikan sehingga bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus.

“Pemerintah dalam hal ini Pemkab Malang harus hadir memberi fasilitas dan pendampingan pengembangan karya inovasi warganya termasuk hak patennya. Semoga muncul petani petani muda mileneal yang inovatif seperti pak Basiri yang mempunyai prinsip Nothing Is Impossible,” papar Muslimin.

Muslimin menuturkan, banyak petani potensial di desa-desa,, perlu pendampingan dan hadirnya pemerintah untuk memfasilitasi kreasi mereka.

“Sebenarnya banyak anak bangsa ini yang kaya dengan inovasi di segala bidang tapi belum terekspos dan mendapatkan fasilitasi serta pendampingan,” pungkas Muslimin. (had/zuk)