Inilah Sosok Alicia, Polwan Termuda di Polresta Makota

Bripda Alicia Ageng Triandini, anggota Polwan Polresta Malang Kota termuda. (ist)

BACAMALANG.COM – Bripda Alicia Ageng Triandini (23), salah satu anggota Polwan termuda yang juga menjadi bagian dari salah satu sosok dibalik citra jajaran Polresta Malang Kota. Pada perayaan hari jadi Polwan ke-72, Alicia mendapatkan potongan tumpeng langsung dari Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol. Leonardus Simarmata.

Lulusan Bintara Polri 2016 ini sehari-hari bertugas di Subbag Humas Polresta Malang Kota. Sosok Polisi Wanita (Polwan) sangat berperan dalam sebuah institusi jajaran Polri. Kehadirannya ditengah-tengah masyarakat kerap kali dinantikan oleh masyarakat.

Pada peringatan HUT Polwan ke-72, yang diperingati oleh seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia termasuk Polresta Malang Kota, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus menyebutkan peran Polwan adalah sejajar dengan Polisi Laki-laki, dan keberadaannya juga sangat penting membantu menyukseskan seluruh program Polri.

Dengan usianya yang masih belia, dibawah komando Kasubbag Humas Polresta Malang Kota, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni. Alicia terlihat lincah dan cekatan dalam mengambil setiap momen kegiatan yang dia abadikan dalam bentuk gambar (foto) dan juga video. Tak peduli siang atau malam, dengan segala resikonya, ia pun selalu siap melaksanakan tugasnya demi sebuah momen yang terbaik untuk disampaikan pada masyarakat.

”Nggak peduli siang malam, kalau pimpinan ada giat kita ya siap ikut, meskipun sudah santai di rumah dan tanggal merah sekalipun, Kita harus nempel kegiatan Pak Kapolresta.” kata Polwan kelahiran Juni 1997 ini.

Meskipun sebagai anggota Polwan termuda, dirinya menyadari, bahwa kehadiran tim Humas dalam setiap giat sangat penting dalam membentuk citra polisi sebagai pelindung dan pengayom masyarakat, dan humas yang juga merupakan jembatan penghubung antara Polri dan Masyarakat.

“Selama ini masyarakat hanya tahu peran polisi sebatas pada kegiatan lalu lintas dan kriminal saja. Padahal juga terdapat kegiatan polisi yang lain yang berkenaan dengan pelayanan masyarakat. Disitulah harus banyak di eksplor dan itu jadi tugas kita. Dari sini bisa menjadi jembatan yang membentuk hubungan yang baik antara Polri dan masyarakat,” ungkapnya.

Bertugas sebagai salah satu personil di divisi Humas sejak 2017, Alicia mengaku senang karena bisa berinteraksi secara langsung dengan banyak pihak, dari pejabat hingga masyarakat. Terlebih lagi dengan suasana kekeluargaan yang diciptakan dengan sangat baik sesama anggota divisi Humas oleh Kasubbag Humas Polresta Malang Kota.

”Kita semua disini sama-sama saling bantu, jika ada salah satu yang ketinggalan yang lain saling membantu melengkapi. Pokoknya happy kerja di Humas, suasana kekeluargaannya asik dan kompak. Sudah kayak keluarga kedua,” ungkapnya.

Sebagai sosok termuda diantara seluruh anggota jajaran Polresta Malang Kota, dengan usianya menginjak 23 tahun, tak lantas membuat wanita kelahiran Wagir, Kabupaten Malang ini kecil hati. Ia mempunyai pandangan yang yang sangat dewasa, dan memandang peran polisi tidak memandang gender.

“Polisi Wanita maupun Polisi Laki-laki tidak ada perbedaan dan tidak dibedakan. Tugasnya pun sama, tergantung jabatan, fungsi dan tugas masing-masing.” ujarnya.

Dia mengaku, jika harus bertugas bersama dengan Polisi laki-laki pun menyatakan sanggup dan siap.

“Siap, seberat apapun tugas, akan kita jalankan dengan baik. Saya malah pengen ikut anggota Sabhara, seneng aja gitu ikut-ikut patroli.” ujarnya. (Lis/red)