FDAP Gelar Webinar Peran Akuntansi Publik dalam Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan

Foto: Webinar Peran Akuntansi Publik. (ist)

BACAMALANG.COM – Forum Dosen Akuntansi Publik (FDAP) menggelar Webinar Nasional bertema Peran Akuntansi Publik Dalam Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Di Masa Pandemi.

Kegiatan ini didukung oleh 31 Co – Host dari berbagai Universitas di Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan Selasa (3/11/2020) akan dilanjut dengan all For Paper pada tanggal 4 November 2020.

Webinar kali ini dibuka dengan lagu Indonesia Raya dan dilanjut dengan Hymne FDAP. Kemudian Keynote Speech oleh Dr. Agus Tugas Sudjianto ST,. MT selaku Rektor Universitas Widyagama Malang.

Selanjutnya dilanjut dengan sambutan ketua FDAP Dr Harnoviansyah dan dibuka oleh Prof Dian Agustia SE,. M.Si,.. Ak,. CA.

Selanjutnya masuk acara inti dengan dImoderatori oleh Dr. Ana Sopanah, SE,. M.Si,. Ak,. CA,. CMA.

Check and Balance

Materi pertama disampaikan oleh Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B. Bus,. M.Sc yang membahas mengenai upaya peningkatan kualitas laporan keuangan pemerintah Provinsi Jatim pada masa pandemi seperti saat ini.

“Diperlukan check and balance serta komitmen dari pimpinan daerah, dalam Akuntansi Publik untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah di masa pandemi,” tandas Emil.

Kemudian dilanjut materi kedua oleh Dr. Sri Untari Hisowarno M,.Ap mengenai upaya laporan keuangan dalam prespektif dewan memandang akuntansi publik.

“Prinsipnya laporkan kinerja dengan baik, integritas tinggi dan bergandeng tangan dengan semua pihak dan DPRD selalu bersinergi dengan semua pihak maupun pemerintahan jawa timur,” tegas Sri Untari.

Audit Universe

Webinar dilanjut dengan Prof. Mardiasmo, M.B.A,.. Ph.D,. Ak,. CA yang membahas tentang audit universe di Pemerintahan Daerah.

“Laporan keuangan yang berkualitas audit yang ideal adalah integritad audit yaitu gabungan antara audit laporan keuangan dan laporan kinerja. Audit Univers adalah salah satu objek audit sebagai proses fungsi entitas yang menjadi fungsi audit,” tukas Prof Mardiasmo.

Agar Tidak Dikorupsi

Terakhir materi disampaikan oleh Prof Dr. Abdul Halim , M.Si,. Ak,. CA. Prof. Halim menuturkan, peran dalam pengelolaan keuangan negara/pemerintah, baik di pemerintah pusat maupun daerah lebih didorong untuk menghasilkan yang meningkat kualitasnya.

“Peran dalam pengelolaan keuangan negara/pemerintah, baik di pemerintah pusat maupun daerah lebih didorong untuk menghasilkan yang meningkat kualitasnya, khusunya pada aspek penyajian yang jujur, peningkatan kualitas ketaatan pada peraturan yang berlaku, dan keadilan serta kepatutan, khususnya pada pelaksanaan belanja penanganan pandemi agar tidak dikorupsi,” terang Prof Dr. Halim.

Halim menjelaskan kesemuanya seharusnya bersinergi untuk menjalankan new normal. “Kesemuanya sudah seharusnya bersinergi, termasuk untuk memanfaatkan momentum adanya kebiasaan baru (budaya baru) yang didengungkan saat pandemi ini,” papar Prof Dr. Halim.

Selanjutnya Webinar ditutup dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama melalui virtual. Acara berjalan dengan lancar dan berlangsung dengan baik dan meriah dengan diikuti oleh 934 peserta terdaftar dan langsung disiarkan melalui zoom dan youtube. (*/had)