Gasak 11 Motor, “Bedes” Diamankan

Foto: Ungkap perkara oleh Polresta Makota. (ist)

BACAMALANG.COM – Berhasil menggasak 11 motor selama 2 bulan, pria inisial MI alias Bedes (35 tahun) diamankan di Jalan Nusakambangan, Klojen, Kota Malang, oleh petugas Polresta Malang Kota.

“Pelaku sudah kelima kalinya melakukan aksi pencurian dan tertangkap. Sebelumnya dia 4 kali diproses dengan kasus yang sama,” kata Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata saat konferensi pers, Selasa (3/11/2020).

Total 11 Motor

Pelaku yang juga residivis ini gagal beraksi mencuri motor di kawasan Jalan Tanimbar, Kasin, Klojen, Kota Malang pada Rabu (28/10/2020) lalu.

Pelaku diamankan di hari yang sama sekitar pukul 20.20 WIB di Jalan Nusakambangan, Klojen, Kota Malang.

Residivis ini tak ada kapoknya. Ia mengaku baru keluar penjara pada Juni 2020 lalu. Tak lama bebas, ia kembali beraksi.

“September lalu, dia mencuri 7 motor. Oktober, ada 4 motor. Total ada 11 kendaraan bermotor yang berhasil dicuri,” beber Leonardus.

Apes, Aksi Gagal

Awalnya, sambung Leo, pelaku memang mempunyai rencana buruk. Saat melintas di Jalan Tanimbar, MI menemukan satu sepeda motor di depan teras rumah warga.

Sepeda motor lengkap dengan helmnya itu kemudian dituntun pelaku menuju jalan raya. Ketika hendak mencoba menghidupkan motor, pelaku kepergok warga dan diteriaki. Lantas, pelaku kabur menuju Jalan Puteran.

Di sana, pelaku membuang barang bukti berupa kunci T dan jaket yang dikenakannya. “Mengingat pelaku sudah TO, dan sudah lama dilakukan penyelidikan dan pembuntutan, pelaku berhasil Kami amankan,” terang Leo.

Dari pengembangan dan pengakuan pelaku, ada satu unit sepeda motor merk Yupiter hasil curiannya yang dititipkan kepada rekannya.

Polisi mengamankan barang bukti berupa 2 unit sepeda motor, 2 buah kunci kontak motor, 1 helm, dan 1 kunci T. “Pelaku dijerat Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 5 tahun,” tutup Leonardus. (*/had)