Diduga Sebarkan Hoaks, Tim Hukum SANDI Laporkan Facebook Agustian Siagian

Tim Pemenangan SANDI menunjukkan tanda terima laporan yang dilayangkan ke Polres Malang (ist)

BACAMALANG.COM – Tim Hukum pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang, HM Sanusi dan Didik Gatot Subroto alias SANDI melaporkan pemilik akun media sosial Facebook Agustian Siagian SH ke Polres Malang, Kamis (3/12/2020).

Tim Hukum SANDI menduga, akun Facebook Agustian telah menyebarkan berita palsu atau hoaks.

“Saudara Agustian A Siagian SH kami duga adalah pemilik akun media sosial Facebook yg bernama Agustian Siagian SH, dengan tanpa hak telah melakukan penyebar luasan video Bapak Didik Gatot Subroto, dimana beliau sebagai Cawabup paslon 1, dengan muatan konten hoaks yang bertulisan ‘Didik Saja Pilih Nomer 3’,” kata salah satu Tim Hukum SANDI, Rudi Santoso SH.

Rudi menjelaskan, video tersebut diunggah Agustian pada Rabu (2/12/2020). Pengunggahan video secara sepihak kemudian membuat Didik merasa geram. Apalagi, terdapat keterangan tulisan yang seakan-akan direkayasa oleh Agustian.

“Hal tersebut tidak dapat diterima dan tidak dibenarkan oleh Bapak Didik Gatot Subroto. Perbuatan yang bersangkutan kami anggap memenuhi unsur pada pasal 14 juncto 15 Undang-undang nomoro 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana,” terangnya.

Tim Hukum SANDI sendiri pada dasarnya tidak akan mentolerir siapa pun yang membuat atau menyebarkan informasi palsu demi mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah yang bermartabat. Menurut Tim Hukum SANDI, informasi palsu jadi musuh bersama yang harus diperangi.

“Kami cukup menyesalkan dengan tindakan yang bersangkutan, mengingat yang bersangkutan juga berprofesi sebagai praktisi hukum. Semoga ini menjadi pembelajaran bersama, kedepan tidak lagi ada hal-hal yang demikian,” Rudi mengakhiri. (mid/yog)