Kaji Efektifitas Pergantian Kepemimpinan, Istri Perwira Mabes Polri Terbitkan Buku

Foto: Dr Hj Rita Kartina. (ist)

BACAMALANG.COM – Tertarik dan mengkaji efektivitas pergantian kepemimpinan, Dr Hj Rita Kartina SH MH MAP yang juga merupakan istri salah satu perwira di Mabes Polri, berhasil menerbitkan buku.

“Berawal tesis gelar S2 Magister Administrasi Publik di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) tahun 2018, akhirnya saya menerbitkan buku Berjudul Efektivitas Pergantian Kepemimpinan Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik,” terang
Rita Kartina, Kamis (03/12/2020).

Hadirnya buku ini, bukan hal yang kebetulan, tapi melalui riset di beberapa KUPT UPT PPD Bapenda Provinsi Jatim untuk melakukan pengkajian seberapa efektifnya pergantian kepemimpinan dalam meningkatkan pelayanan publik.

Leader Powerfull

Secara singkat anggota Bhayangkari Mabes Polri ini menjelaskan, inti yang terkandung dalam buku yang ia tulis ini, bagaimana menjadikan seseorang sebagai leader yang memiliki kekuatan dalam memimpin.

Substansi isi buku yang ditulisnya ini, pada dasarnya berlandaskan pada teori kepemimpinan, efektivitas organisasi dan pelayanan publik agar menambah wawasan di bidang kepemimpinan dan penyelenggara pelayanan publik di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Jawa Timur.

Dr Hj Rita Kartina, SH MH MAP menuturkan, awalnya ia tidak tertarik dengan dunia kepenulisan. Namun setelah melihat dan mencermati apa yang terjadi di lingkup kerja sehari-hari, ia jadi terinspirasi untuk menuangkan apa yang dicermati ke dalam sebuah buku.

Inspirasi Pekerja Yanblik

Harapannya, bisa menjadi inspirasi banyak orang khususnya yang berkecimpung di instansi pelayanan publik (Yanblik). Jadi lahirnya buku perdana ini terinspirasi dari ruang lingkup dimana ia kerja.

Secara singkat inti yang terkandung dalam buku yang ia tulis ini, bagaimana menjadikan seseorang sebagai leader yang memiliki kekuatan dalam memimpin. “Saya berharap buku ini bisa dijadikan referensi bagi para pemimpin. Terutama dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” harapnya.

Sosok Rita yang sekarang menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT PPD Malang Utara dan Batu Kota Bapenda Provinsi Jawa Timur bisa dikatakan haus ilmu.

Ia senang membaca dan terus belajar tentang banyak hal. Gelar Doktor Ilmu Hukum yang diraihnya di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) tahun 2019, sama sekali tidak membuat dirinya berhenti untuk memberikan sesuatu yang berguna bagi banyak orang, salah satunya hadirnya buku tentang kepemimpinan.

Terbitnya buku ini tidak terlepas dari arahan serta bimbingan yang diberikan Prof Dr Rudi Handoko MS yang merupakan Guru Besar FISIP UNTAG Surabaya yang juga dosen dimana dirinya mangambil gelar S2 Magister Administrasi Publik tahun 2018. (*/had)