Perkuat Sinergi UMKM, Dinkop Jateng Kunjungi Kampung Kopi Sumberdem Wonosari

Foto : Rombongan Dinkop dan UMKM Jateng usai temu muka. (ist)

BACAMALANG.COM – Dalam upaya memperkuat sinergi UMKM, Dinas Koperasi (Dinkop) Jawa Tengah mengunjungi Kampung Kopi Sumberdem Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang.

“Adanya kunjungan ini diharapkan bisa menjalankan sinergi dalam bidang Pemasaran Produk antara UMKM Kabupaten Malang dengan produk UMKM Jawa Tengah,” tegas Kasie PUM Dinkop Kabuoaten Malang, Arief, Kamis (3/12/2020).

Sharing Pengalaman dan Ilmu

Seperti diketahui, rombongan Dinkop Jateng melakukan kunjungan ke Kampung Kopi Sumberdem Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang, baru-baru ini.

Rombongan melakukan sharing bertempat di UKM OKE Kabupaten Malang, di Outlet Sekecoy di Kampung Kopi Sumberdem Wonosari Kabupaten Malang.

Adapun rombongan yang berkunjung adalah dari UMKM dan Staf konsultan PLUT se -Jawa Tengah.

Heni dari Dinkop Jateng memimpin kunjungan 21 orang yang dilanjutkan temu muka berbagi pengalaman dan ilmu yang berlangsung hangat dan gayeng.

Hasil Positif

Pertemuan yang diadakan Outlet Sekecoy dan Kampung Kopi Sumberdem ini, mendapatkan sambutan antusiasme dari semua pihak.

Menariknya, adanya anjangsana ini membuahkan hasil positif yakni tiga hal meliputi penjajagan penjualan secara Off Line dan Online, sinergi BUMDES dan UMKM, serta pertukaran produk UMKM Kabupaten Malang dan UMKM Jateng.

Rombongan berkunjung mempunyai tujuan untuk sharing pengalaman Konsultan Pusat layanan usaha terpadu (PLUT) dan UMKM.

Hal- hal yang disharingkan yaitu berbagai pengalaman UMKM dan sinergi pemasaran.

Rombongan terdiri dari Pendamping/konsultan PLUT, dan pelaku usaha UMKM yang bergerak di berbagai bidang bisnis.

Yaitu meliputi makanan -minuman (mamin), Craft, fashion, dan wisata desa. Rata-rata usaha ini sudah berjalan selama 3 tahun.

Sebagian besar UMKM Jateng yang berkunjung memberikan apresiasi positif terkait kemasan dan produk yang bervariasi, serta memuji adanya kekompakan antar anggota UMKM.

Menambah Link Pemasaran

Sementara itu, bagi UMKM tuan rumah menyatakan kunjungan ini mempunyai banyak manfaat.

“Kunjungan ini mempunyai banyak manfaat, yakni menambah link pemasaran dan jaringan makin luas,” terang Ketua UKM OKE Kabupaten Malang dan Ketua HIOMIKIMDO DPC Kabupaten Malang, Agus Sumaryanto.

Agus mengatakan, dirinya berharap dalam waktu dekat bisa dilakukan sinergi dalam bidang pemasaran produk antara UMKM Kabupaten Malang dengan produk UMKM Jawa Tengah.

“Semoga secepatnya bisa dijalankan sinergi dalam bidang pemasaran produk antara UMKM Kabupaten Malang dengan produk UMKM Jawa Tengah,” pungkas Agus. (had)