Berikut Daftar Penerima Penghargaan The Most Influential Figure 2020

ist

BACAMALANG.COM – Beberapa tokoh mendapat anugerah sebagai The Most Influential Figure 2020 dari lkatan Wartawan Online (IWO) Malang Raya. Penghargaan tersebut diberikan, bertepatan dengan puncak pergantian tahun 2021.

Ketua IWO Malang Raya Rudi Harianto mengatakan, bahwasanya IWO memberikan apresiasi kepada mereka yang telah berbagi energi positif.

“Ya, salah satunya dengan telah berkontribusi aktif secara langsung kepada masyarakat dan lingkungan sekitar,” kata Idur sapaan akrabnya, pada Kamis (31/12/2020).

Menurutnya, di masa pandemi Covid-19 ini pemberian penghargaan yang dilakukan secara virtual tersebut, merupakan wujud apresiasi para jurnalis kepada tokoh-tokoh inspiratif, yang telah memberikan sumbangsih dalam kehidupan masyarakat Malang Raya.

“Jadi, para tokoh yang dipilih untuk menerima penghargaan ini, adalah insan terbaik dari berbagai latar belakang yang telah membaktikan hidupnya diberbagai bidang,” terang dia.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan Sekretaris IWO Malang Raya, Santoso. Dirinya menjelaskan, bahwa anugerah yang diberikan oleh IWO ini juga sebagai motivasi dan inspirasi bagi orang lain.

“Salah satunya untuk dapat melakukan terobosan dan karya yang lebih banyak lagi. Jadi, anugerah ini sangat penting, terutama untuk masyarakat luas, agar supaya bisa terus terpacu motivasinya dan terinspirasi dari para tokoh ini,” ungkapnya.

Menurut Santoso, dari ke 19 tokoh tersebut tidak serta merta dipilih, namun akan tetapi telah melewati survey.

“Dan hasilnya, mereka ini yang terpilih dari sekitar 150 tokoh yang ada dalam data survey kami,” beber dia.

Adapun para tokoh yang mendapatkan predikat The Most Influential Figure 2020 adalah Rektor Universitas Brawijaya Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, Ketua DPD Partai Perindo Kota Malang Laily Fitriyah Liza Min Nelly, Ketua Komisi D DPRD Kota Malang Ahmad Wanedi, Direktur Mall Malang Town Square Fifi Trijanti, Ketua PC NU Kota Malang Dr. Isroqunnajah, M.Ag, Ketua TP PKK Kota Malang Hj. Widayati, S.Sos, dan Ketua DPD Partai Golkar Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko.

Selain itu, untuk wilayah Kabupaten Malang sendiri penerima The Most Influential Figure 2020 adalah Bupati Malang, H. M. Sanusi, Anggota DPR RI Kresna Dewanata Prosakh, Intelektual Muda Zulham Akhmad Mubarrok, S.S, Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Dr. Sri Untari, M.AP, Pengasuh PP Rehabilitasi Mental Az Zainy K.H Zain Baik, Ketua DPRD Kab. Malang (2019-2020) Drs. Didik Gatot Subroto, S.H, M.H dan Rektor Universitas Islam Raden Rahmat, Dr. Hasan Abadi, M.AP.

Sedangkan untuk wilayah Kota Batu, yang terpilih untuk menerima predikat orang paling berpengaruh The Most Influential Figure 2020 adalah Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si Walikota Batu, Edy Sunaedy S.T, M.AP Direktur Among Tirto Kota Batu, Asmadi Ketua DPRD Kota Batu, Titik A. Riyanto Marketing Manager JTP Group dan Nurrochman Ketua DPC PKB Kota Batu.

IWO Malang Raya menganugerahi predikat orang paling berpengaruh 2020 kepada 19 tokoh diantaranya adalah tokoh akademisi, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, tokoh intelektual dan tokoh masyarakat yang pernah dihadirkan dimedia sebagai sumber berita dan ditulis oleh jurnalis yang tergabung di IWO Malang Raya.

Sekadar diketahui, Ikatan Wartawan Online adalah sebuah wadah yang menaungi wartawan online dan pemilik media siber (online), yang anggotanya telah tersebar dari Aceh hingga Papua.

Saat ini, IWO telah berusia 8 tahun semenjak dideklarasikan di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada 8 Agustus 2012.

Organisasi Ikatan Wartawan Online ini, merupakan organisasi profesi dan bukan bukan organisasi sosial politik yang mempunyai prinsip independen, demokratis dan terbuka. IWO Malang Raya sendiri telah resmi dikukuhkan pada tahun 2017 lalu. (Eko)