Jaga Keindahan Sekolah Selama Pandemi, Ini yang Dilakukan Guru dan Staf SMPN 01 Donomulyo

Foto: Aksi bersih - bersih di SMPN 01 Donomulyo. (ist)

BACAMALANG.COM – Entah sampai kapan pandemi Covid-19 ini musnah memang belum ada jawaban pasti. Meskipun new normal sudah diberlakukan, tetapi adat kebiasaan baru harus dipegang teguh dan dijalankan dalam keseharian kita.

Persekolahan tentu terkena dampak sangat lama, dan keadaan sekolah terutama masalah kebersihan, juga sangat terpengaruh sekali. Untuk itu, menjaga dan merawat kebersihan sekolah harus selalu digalakkan.

Seperti yang dilakukan oleh para guru dan staf di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 01 Donomulyo, Kabupaten Malang. Setiap hari Sabtu, mereka melakukan aksi bersih – bersih untuk menjaga keawetan bangunan seperti ruang kelas.

Kepala SMPN 01 Donomulyo, Misto, S.Pd, M.Si menjelaskan bahwa kegiatan bersih-bersih ini dilakukan agar ruang-ruang yang ada di sekolahnya dapat terhindar dari kerusakan.

“Sebelum melakukan kegiatan yang kami beri nama Sabtu Sehat dan Bersih, para guru dan segenap karyawan terlebih dahulu mengikuti senam agar badan sehat dan imun menjadi kuat. Kemudian dilanjutkan dengan kerja bakti dilingkungan sekolah,” ujarnya.

Aksi bersih – bersih ini, lanjut dia, memang dilakukan karena siswa tidak masuk sekolah karena sejak adanya pandemi Covid-19. “Karena membersihkan kelas, biasanya dilakukan peserta didik sebagai pembelajaran karakter,” tuturnya.

Demi menjaga ruang sekolah tetap dalam kondisi bersih aman, terutama dari binatang – binatang liar, maka para guru dan karyawan yang harus turun tangan untuk menjaga kebersihannya.

“Jumlah ruang belajar ada 24 kelas dan ditambah ruang – ruang yang lain dengan luas lahan 1,3 ha. Ini dibersihkan secara bertahap, sehingga lingkungan sekolah tetap terjaga keasriaanya. Kalau hanya mengandalkan tukang kebun dan pembantu pelaksana yang hanya tiga orang, ya kurang mencukupi,” tandasnya.

Menurutnya, para guru dan karyawan dengan jumlah 40 orang ini memang merasa ikut handarbeni sekolah sebagai tempat kerja. “Ya secara sadar bersama-sama untuk merawat, sekaligus sambil mencari sinar matahari pagi (vitamin D, red.),” tukasnya. (yon/red)