Kisah Inspiratif Peternak Kambing di Ngajum

Foto: M Anwar Khoirudin. (ist)

BACAMALANG.COM – Berbagai bidang usaha tiarap kala pandemi menyerang, terkecuali bagi sebagian pengusaha yang ulet dan kreatif. Salah satu peluang usaha yang layak dicoba selain budidaya Ikan Cupang dan tanaman hias, adalah beternak Kambing Pe dan Sumbawa.

“Saya usaha ternak kambing mulai tahun 2018,” terang M Anwar Khoirudin peternak kambing yang tinggal di Dusun Babaan Desa Ngasem Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang, Kamis (4/2/2021).

Adapun Kambing yang diternak meliputi kambing PE, kambing Sumbawa dan juga Kambing Jawa Randu.

Ia menyebutkan untuk kendala biasanya adalah pada pergantian musim ada Kambing yang mati.

Usaha ini menjanjikan, dengan faktor potensial dari usaha ini adalah
untuk pemasaran ternak Kambing sangatlah mudah dan banyak yang membutuhkan.

Ia sekarang mempunyai sebanyak 150 ekor Kambing di kandang. Awal mula beternak, modal berasal dari dirinya sendiri.

Ia bersyukur karena saat ini sudah mempunyai beberapa karyawan. “Alhamdulillah untuk sekarang saya ada beberapa karyawan, untuk perawatan sendiri, pemasaran sendiri, dan bagian kirim pun sendiri. Untuk sementara saya ada 5 karyawan,” tutur Khoirudin.

Sedangkan untuk penjualan Kambing sampai ke Kalimantan, NTB, Ngawi dan Malang Raya. Selain itu untuk penjualan juga memanfaatkan secara online yakni menggunakan Facebook, Instragram dan youtube.

Terkait pandemi, ia mengatakan cukup terdampak namun tidak terlalu signifikan. “Alhamdulillah selama pandemi ini tidak begitu berdampak. Cuman untuk awal-awal pandemi penjualan menurun tapi sekarang sudah stabil,” urai Khoirudin.

Ia ingin juga memberdayakan masyarakat dengan berbagi ilmu dan mengajak sinergi. “Kalau harapan saya mulai awal tujuannya untuk menciptakan lapangan kerja di kampung saya yang belum bekerja dan bisa berkembang,” imbuh

Terkait harapan, ia ingin agar peternakan di Indonesia bisa berkembang dan maju. “Harapan saya ingin mengembangkan dan memajukan dunia peternakan di Indonesia. Kalau misal ingin mengetahui lebih banyak tentang usaha ternak kambing ini bisa mengintip di FB.kandang Anyar Farms, Instagram kandang Anyar Farms dan
YouTube.Kandang Anyar Channel,” pungkas Khoirudin. (had)