Pameran Ikan Hias di Mal, Peserta Antusias dan Pengunjung Senang

Caption : Pengunjung melihat ikan hias. (ist)

BACAMALANG.COM – Adanya trend baru pameran Ikan Hias di Mall di Malang Raya, disambut antusiasme sejumlah peserta dan menjadikan pengunjung senang.

Kali ini Malang Town Square (Matos) mengadakan pameran ikan hias. Pameran ikan hias yang didominasi ikan cupang ini sekaligus menggelar lomba bagi masyarakat yang hobi memelihara ikan cupang.

Marcom Manager Matos, Sasmitha Rahayu, mengatakan pihaknya telah menggandeng Komunitas Malang Cupang Bersatu untuk suksesi acara ini.

Acara pameran dan kontes ikan cupang sendiri digelar di Hall Lower Ground Matos, depan Hypermart, mulai hari Sabtu (3/4/2021) hingga Minggu (11/4/2021).

“Ini masih masa pandemi ya, mereka ini butuh wadah untuk melakoni hobinya dan bahkan pekerjaannya,” ujar Sasmitha.

Menurutnya, pameran dan lomba ini dapat memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama bagi penghobi ikan cupang. Tidak hanya menggelar pameran, mereka juga bisa menjajakan dagangannya melalui lapak terbuka di Matos.

Masuknya pameran ikan hias ke mal kata dia, tidak mengurangi kebersihan di lingkungan mal sendiri. Sebab, para petugas sudah berkomitmen untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih.

“Ini juga membawa inovasi sendiri selain hobi, juga untuk menambah pemasukan bagi mereka. Kami sangat mendukung,” imbuhnya.

Ajang Silaturahim

Robi Aot Ketua Panitia Cupang Contest mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang pertemuan dan silaturahim bagi para penghobi ikan cupang di Malang.

“Kita juga bikin acara semeriah mungkin salah satunya acara lomba skala nasional. Tentu tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan Covid-19,” tuturnya.

Robi menjelaskan, alasannya memilih Matos karena melihat animo masyarakat yang tinggi ketika ada pameran dan lomba ikan cupang di mal. Pihaknya juga menghadirkan Presiden Cupang yakni Deeway Gembel sebagai Guest Star.

Kegiatan semacam ini dinilai dapat menarik animo masyarakat terutama pencinta ikan hias antusias. Berdasarkan pengalamannya, acara pameran dan lomba ikan cupang di dalam mal bisa sukses.

Robi Aot, membeberkan alasannya memilih mal karena animo masyarakat terutama para penghobi ikan cupang tinggi. “Karena kemarin kita ada pengalaman juga di mal. Kok animo temen-temen bagus. Aku lihat kinerja tim juga bagus kalau di mal. Kita juga didukung oleh sesepuh kita di sektor cupang,” katanya.

Pihaknya juga menghadirkan Presiden Cupang yakni Deeway Gembel sebagai Guest Star dari Jakarta. Lomba ini digelar untuk umum dengan dua kategori yakni kontes IBC dan SNI.

Hingga saat ini, peserta lomba memiliki antusiasme tinggi bahkan datang dari luar Kota Malang. Terdaftar di panitia, sudah ada 1.200 ikan yang akan diterjunkan dalam kontes bergengsi ini. “Itu untuk IBC ya. Kalau SNI sendiri sudah ada 500an orang peserta yang booking. Tapi kita kan gak tahu nanti ikan yang diterjunkan saat sampai Malang masih sehat atau enggak,” jelasnya.

Komunitas Cupang di Malang yang gelar acara bersama Matos ini nantinya juga menghadirkan lelang bagi pengunjung yang beruntung. Lelang akan digelar secara berkala. (*/had)