Satgas Covid-19 Kirim Satu Orang Reaktif ke Rumah Isolasi

Foto: Rapid test di kafe Jalan Kawi Atas. (ist)

BACAMALANG.COM – Sebanyak 259 orang pengunjung cafe terjaring razia Satgas Covid-19 kota Malang dalam Operasi Gabungan (Opsgab) pada Sabtu, 4/7/2020 dini hari. Rarusan orang yang terjaring razia itu merupakan pengunjung dari dua cafe berbeda yakni cafe di kawasan jalan Kawi Atas dan salah satu cafe di kawasan lembah dieng Kota Malang.

Dari ratusan pengunjung itu petugas langsung melakukan rapid test dan didapati satu orang pengunjung dinyatakan reaktif. Petugas lantas mengirim orang tersebut ke rumah isolasi yang berlokasi di Jalan Kawi.

Dalam Opsgab ini petugas terbagi menjadi dua tim yang akan menyisir wilayah bagian barat kota Malang dan kawasan bagian timur kota Malang.

Tim barat mulai menyisir dari kawasan Mako Kodim 0833 kota Malang di Jl. Kahuripan bergerak menuju Jalan Ijen, Jalan Jakarta, Jalan Kawi dan dilanjutkan menuju kawasan lembah Dieng kota Malang. Sedangkan tim timur menyisir kawasan Stasiun kota Malang, Bengawan Solo, Sulfat, Sawojajar, Ranugrati dan berakhir di kawasan Rampal.

Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi mengungkapkan, bahwa pihaknnya akan terus melakukan Opsgab mengingat jumlah peningkatan angka penyebaran virus Covid-19 masih terus bertambah.

“Hal ini sangat mengkhawatirkan, oleh karena itu saya bersama pak Kapolres, pak Dandim hari ini melakukan langkah mendisiplinkan masyarakat termasuk kegiatan rapid test ini,” kata Bung Edi sapaan akrabnya.

Dia meminta kepada masyarakat untuk tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan untuk keselamatan bersama. Selain itu, Sofyan Edi juga mengajak warga untuk menggunakan masker, menjaga jarak, bahkan menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga imun tubuh.

“Mohon dengan sangat bahwa disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan ini sangat penting dan menentukan zona kota Malang kedepan,” lanjut Bung Edi.

Sementara itu data terakhir yang bersumber dari Satgas Covid-19 kota Malang pada 3 Juli 2020 menunjukkan peningkatan konfirm Positif Covid-19 sebanyak 17 orang. Sehingga jumlah total yang terkonfirm positif Covid-19 sebanyak 234.

Adapun pasien meninggal karena Covid-19 sebanyak 18 orang yang artinya bertambah 1 orang pada hari sebelumnya.

Kendati demikian, angka kesembuhan juga meningkat 5 orang, sehingga total 65 orang ada yang sembuh dari Covid-19 ini.

Orang Tanpa Gejala (OTG) kota Malang tercatat mengalami kenaikan sebanyak 23 orang sehingga total menjadi 784 orang. Tingginya angka OTG ini menjadi perhatian Pemerintah kota Malang, Polresta hingga Kodim kota Malang dengan beberapa kali kembali menggelar Opsgab. (Lis/Red)