Rektor ITN Beri Reward Spesial Juara Turnamen Mobile Legends

Turnamen Mobile Legends di ITN. (ist)

BACAMALANG.COM – Di tengah ganasnya pandemi dan maraknya demo menuntut Uang Kuliah Tunggal (UKT), ada kesempatan menarik ditawarkan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

Hal ini karena Rektor ITN Malang menyediakan hadiah spesial bagi para pemenang lomba turnamen Mobile Legends yang digelar se-Jawa Timur.

Semua juara akan dibebaskan uang kuliah tunggal (UKT) jika meneruskan jenjang pendidikannya di ITN Malang.

“Pemenang dapat hadiah dan apresiasi free UKT serta masuk anggota UKM e-sport di kampus tercinta ini,” terang Rektor ITN Malang Dr. Ir. Kustamar, MT, baru-baru ini.

Ia menjelaskan bahwa pelaksanaan turnamen e-sport ini merupakan akselerasi dari kegiatan yang juga digelar tahun 2019 lalu. Bedanya, tahun lalu hanya tingkat Malang Raya.

Namun tahun ini, pihaknya melebarkan skala lomba ke tingkat se-Jawa Timur dengan peserta pelajar jenjang SLTA baik SMA, SMK maupun MA, dari negeri maupun swasta.

“Kita ingin menunjukkan bagaimana memanfaatkan teknologi kepada hal yang positif. Pelajar daring harus dikondisikan biar bisa semakin produktif,” urai Kustamar.

Ia mengajak semua pelajar memberikan atensinya kepada perkembangan teknologi yang kian pesat. Banyak cara kata dia untuk memanfaatkan teknologi kepada hal positif.

“Ini dampak dari kemajuan teknologi informasi. Anak-anak jarang ke sekolah atau ke kampus. Waktunya harus dibuat belajar dengan memanfaatkan teknologi,” terang Kustamar.

Sementara itu, Ketua E-Sport Game ITN Aladin Eko Purkuncoro, ST., MT menuturkan, turnamen online ini mendapat banyak perhatian. Terbukti dari peserta lomba yang datang dari beberapa daerah.

“Dipilih Mobile Legends karena banyak muatan edukasinya, semangat kekompakan sangat penting karena peserta dari beberapa tim,” ujarnya.

Lomba ini berjalan secara online atau jarak jauh. Pihaknya menyiapkan sekitar 30 dewan juri yang telah melalui tahap verifikasi.

Sebanyak 250 tim dengan rincian 1.367 peserta (termasuk cadangan) menerapkan sistem online selama dua minggu. Namun finalnya akan digelar secara offline yang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Antusiasmenya luar biasa. Nanti setelah pandemi kita akan gelar event yang lebih besar lagi daripada ini,” tegasnya.

Untuk diketahui, juara 1 berhak mendapatkan uang tunai Rp 5.100.000 dan gratis UKT 4 semester. Juara 2 Rp 3.100.000 dan gratis UKT 3 semester. Juara 3 Rp 2.100.000 dan gratis UKT 2 semester. Ditambah lagi sertifikat juara, trophy, serta puluhan ribu diamond.

Sementara juara harapan 1 mendapatkan Rp 1.250.000, juara harapan 2 Rp 750.000 dan juara harapan 3 Rp 500.000. Masing-masing juga dibebaskan UKT-nya selama 1 semester serta mendapatkan ribuan diamond. Sedangkan top player dapat uang tunai Rp 250.000.

Turnamen Mobile Legends se-Jatim yang digelar ITN Malang ini menerapkan protokol Covid-19. Para dewan juri meskipun berkumpul di satu tempat, mereka mengenakan alat pelindung diri lengkap mulai masker, face shield, dan menjaga jarak aman. (had/zuk)