Ziarah ke Orang Tua, dr Umar Tenangkan Hati

dr Umar ziarah di makam ortu. (ist)


BACAMALANG.COM – Hiruk pikuk dan turbulensi politik jelang pilbup Malang semakin gemuruh dan membahana.

Meski tampak di permukaan seolah adem ayem dan landai-landai, namun tidak demikian halnya dengan pencalonan untuk dr Umar Usman MM yang notabene telah mendapatkan surat tugas resmi dari DPP PKB untuk melakukan penjajagan kekuatan dan penggalangan power politik sebelum mendaftar resmi ke KPU Kabupaten Malang mengikuti kontestasi Pilbup Malang.

Kemunculan nama baru untuk bakal calon dari PKB memunculkan tanda tanya di kalangan awam maupun elit politik tanah air.

Bagaikan langit dan bumi, itulah gambaran apa yang dilakukan oleh dr Umar Usman MM saat menghadapi keadaan semacam ini.

Seolah tidak mengindahkan manuver politik silentdan semacamnya, pria yang juga Ketua PC NU Kabupaten Malang ini memilih beraktifitas nyekar alias ziarah ke makam orangtua.

Pria yang juga Dirut RSUD Kota Malang ini menziarahi makam kedua orang tuanya yang berada di Mergosingo Jatirejo Yoso Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang.

Tampak berjajar dua makam yakni sang ayah bernama H. Mutholib dan ibu Hj. Fatimah.

Sebelum mendekati makam kedua orangtuanya, dr Umar terlebih dulu mengambil bunga yang telah dipersiapkan keluarganya.

Setelah menyiapkan bunga, pria yang juga dijuluki dokter rakyat ini bergegas menuju pesarean orangtuanya.

Pria yang juga alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini dengan khusyuk melakukan ritual berkirim surat Yasin dan mendoakan keselamatan orangtuanya di tempat peristirahatan terakhirnya.

Dalam berbagai kesempatan, dokter Umar enggan mengomentari nama lain yang muncul dari jalur PKB.

“Saya hanya berharap Allah SWT membantu perjuangan kami. Saya kesini ingin tahlil dan berdoa. Sekalian sedikit melakukan kontemplasi untuk cooling down hati dan pikiran. Sembari menyerap energi semesta agar semakin optimis jalani pilbup ini,” terang dr Umar.

Ragam Apresiasi

Sementara itu, beberapa waktu lalu Ketua DPC PKB Kabupaten Malang Ali Ahmad atau yang akrab dipanggil Gus Ali mengatakan, pihaknya bertekad menciptakan sinergi manis mengantar dr Umar ke Pringgitan.

“Bukan hanya untuk membangun wilayah ini dengan ketangguhan di segala lini. Tapi juga dalam rangka mempersiapkan pemilihan legislatif (pileg) 2024 mendatang,” tegas pengasuh ponpes di Karangploso Kabupaten Malang ini.

Di sisi lain, Ketua PW NU Kabupaten Malang KH Marzuki Mustamar mengatakan, dirinya memberi sokongan spirit dr Umar Usman terus maju dalam kontestasi Pilbup Malang nanti.

“dr Umar dan tim harus terus bergerak, apa pun yang terjadi di luar. Jangan sampai melemah. Karena itu bisa dijadikan senjata tim lawan atau bahkan DPP untuk mengalihkan rekom,” tegas pria Pengasuh Pondok Pesantren Sabillur Rosyad Gasek Kota Malang ini. (had/zuk)