Inilah Aksi KKN Unikama di Gunungrejo Singosari

Foto: Kelompok KKN 14 Unikama saat memberikan bantuan sembako. (ist)

BACAMALANG.COM – Pandemi COVID-19 merupakan sebuah wabah yang tengah di hadapi oleh seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Penyebaran yang begitu cepat. membuat Indonesia memiliki jumlah kasus positif COVID-19 yang tinggi dan terus bertambah di setiap harinya.

Melihat fenomena ini, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) terpanggil untuk berkontribusi dalam pencegahan COVID-19. Yakni dengan merumuskan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dengan tema “Meningkatkan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi wabah COVID-19” yang berlangsung dari 13 juli 2020 sampai dengan 31 Agustus 2020.

Kegiatan KKN tematik Unikama ini, di lakukan di daerah masing – masing mahasiswa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Salah satu tempat sasaran KKN tematik ini adalah Dusun Kreweh, Desa Gunungrejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Mahasiswa yang terlibat yakni Cihoi Sunggraeni (196401150001), Galuh Indah Ramadani (170401150069), Luluk Susiati (170401150010), Renny Liya Kristiyanti (170401150072) dari Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Dengan di dampingi oleh Bapak Kurriawan Budi Pranata, S.Si., M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan.

“Kami menyusun dan melaksanakan program yang tepat guna berperan aktif dalam penanggulangan pandemi COVID-19 yang di sesuaikan dengan tema yang di usung oleh Unikama dengan mengangkat sub tema Kesehatan Masyarakat, Ketahanan Masyarakat dan Supporting keselamatan masyarakat terhadap COVID-19 sebagai program kerja utama kami,” terang Ketua Kelompok 14 KKN Unikama, Luluk Susiati, Jum’at (4/9/2020)

Beberapa program kerja yang dilakukan, lanjut dia, di sesuaikan dengan kondisi lingkungan antara lain Sosialisasi Pencegahan COVID-19 dengan pemasangan banner di tempat – tempat strategis, pembagian masker dan sabun, penempatan tempat cuci tangan di tempat – tempat strategis, pembagian sembako kepada lansia, hingga penyemprotan desinfektan yang bekerjasama dengan perangkat dusun setempat.

“Program – program yang telah di laksanakan di harapkan mampu meningkatkan pemahaman dan kesadaran warga tentang penyebaran COVID 19 dan cara pencegahan serta penanggulangannya dengan cara hidup bersih dan sehat sesuai dengan protokol kesehatan,” jelasnya. (hum/red)