Gus Dur Pernah Jagokan Bu Nyai untuk Jadi Kepala Daerah

Bu Nyai Lathifah saat memberikan sambutan dalam kampanye di Kecamatan Sumberpucung (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Presiden keempat Republik Indonesia, KH Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur pernah menjagokan Calon Bupati Malang nomor urut 2, Lathifah Shohib untuk menjadi kepala daerah.

Hal ini disampaikan sendiri oleh Bu Nyai — begitu Lathifah akrab disapa — usai kampanye di Kecamatan Sumberpucung, Jumat (4/12/2020).

“Ini nanti biar jadi kepala daerah saja di Malang, waktu itu Gus Dur menyampaikan itu. Kalau kemudian saya terpilih jadi anggota DPR RI itu supaya bisa menjadi tokoh nasional, punya pengalaman, saat di calonkan sebagai Bupati, saya sudah punya pengalaman di pemerintahan,” kata Bu Nyai.

Bu Nyai menambahkan, saat ini adalah momentum yang tepat untuk mewujudkan apa yang sudah disampaikan Gus Dur di masa lampau.

“Dan ini memang partai minta saya untuk maju sebagai Bupati. Dan ini waktunya untuk mengabdi kepada masyarakat Kabupaten Malang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bu Nyai pun cukup heran selama banyak orang yang tersinggung saat dirinya menyebut-nyebut nama Gus Dur, padahal tidak ada disangkutpautkan dengan kontestasi politik apapun.

“Seperti saya sepupu Gus Dur, ada yang protes kenapa kok bawa-bawa Gus Dur. Memang saya sepupunya Gus Dur. Dan Gus Dur sama saya dekat. Setiap ke Malang pasti saya di cari. Kalau tidak bisa ke rumah saya, Sulaiman yang nuntun itu disuruh telfon saya, ‘Bu, bapak disini, ditunggu’. Saya ketemu, (Gus Dur bilang) ‘aku gak iso nang omahmu, awakmu tak kongkon rene’ (aku tidak bisa ke rumahmu, kamu yang saya suruh kesini, red),” tukas Bu Nyai. (mid/yog)