Giatkan Minat dan Motivasi Kuliah, Digelar Campus Expo 2020

Foto : Acara Campus Expo 2020. (had)

BACAMALANG.COM – Berbagai cara dilakukan guna membangkitkan motivasi dan minat siswa Madsarah Aliyah (MA) untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri (PT) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), salah satunya lewat gelar Campus Expo 2020.

Hal ini dikatakan Kepala Sekolah MAN 2 Malang Sama’i kepada media baru-baru ini.

“Alhamdulillah kami mengadakan Expo 2020 ini sudah ketiga kalinya yang berjalan lancar dan sukses. Acara digelar agar siswa bergairah dan luas pemikirannya untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri dan swasta,” tandas Sama’i.

Dalam kegiatan Expo 2020 ini turut dihadiri Camat Turen Tri Sulawanto.M.Si yang membuka acara, Fatachi Bhabinkamtibmas Polsek Turen, Riyanto dari Koramil Turen dan Muspika Turen.

Event Expo juga dimeriahkan oleh Coach Profesional Trainer Motivator Ilham dari Universitas Brawijaya Kota Malang.

Saat ini jumlah seluruh siswa MAN 2 Malang ada 455 siswa dari kelas X 181 siswa, kelas XI 184 siswa dan kelas XII 90 siswa.

Sama’i menjelaskan, Expo ini digelar sudah yang ketiga kalinya dan sengaja diadakan dengan peserta tidak hanya untuk kelas 12, namun juga kelas 10 dan 11.

“Sengaja kami mengadakan bukan hanya diperuntukkan siswa kelas 12, namun juga untuk peserta siswa kelas 10 dan 11. Hal ini dimaksudkan agar siswa secara lebih dini mengenal dunia pendidikan di PTN maupun PTS.

Sama’i menuturkan, dirinya berharap agar alumnus MAN 2 bisa tersebar dimana-mana,, tidak hanya di PTS namun juga PTN.

Sementara itu, Ketua Sie Acara, Raihul Ashari mengatakan, sebanyak 24 perwakilan dari PTN dan PTS mengikuti Expo 2020 ini.

“Ada sebanyak 24 peserta dari alumnus MAN yang berkuliah di PTN dan PTS se-Indonesia,” terang Raihul.

Alumnus tahun 2018 Universitas Trunojoyo ini menuturkan, pihaknya mengadakan kegiatan ini agar siswa termotivasi dalam mengejar cita-cita dan tidak melulu setelah lulus lalu bekerja atau menikah.

“Kami ingin supaya adik-adik bisa mengejar cita-cita dan tidak mesti sesudah lulus lalu menikah atau bekerja. Selain itu lewat event ini siswa bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi sesuai pilihan dengan jurusan yang diinginkan,” jelas Raihul.

Pada kesempatan yang sama, Ulyatul Mutasidah salah satu peserta dari perwakilan Universitas Trunojoyo Madura mengatakan, dirinya berkuliah lewat jalur bidik misi SBMPTN.

Ulyatul menjelaskan pihaknya mengikuti Expo dengan tujuan untuk sharing pengetahuan dan pengalaman menjadi mahasiswa di perguruan tinggi. Ia bersyukur karena siswa antusias dalam Expo karena banyak yang menanyakan langsung kepada dirinya tentang Universitas Trunojoyo Madura.

“Saya mengikuti event Expo untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman menjadi mahasiswa di perguruan tinggi. Saya juga berharap agar adik lulusan MAN 2 bisa berkuliah di PTN dan PTS serta bisa mewujudkan apa yang dicita-citakan selama ini,” pungkas alumnus angkatan ke-X MAN 2 Malang tersebut. (Had).