Saat Hari Raya Nyepi, Wisata Bromo Ditutup Total

Foto: Pemandangan Gunung Bromo. (Yns)

BACAMALANG.COM – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) memastikan penutupan sementara selama perayaan Nyepi, mulai tanggal 14 Maret 2021 sampai dengan 15 Maret 2021.

Selama sehari semalam itu, semua kegiatan wisata di Gunung Bromo akan ditutup, guna pelaksanaan Catur Bratha Penyepian Tahun Baru Saka 1943 atau 2021 Masehi.

”Penutupan total itu mulai Minggu (14/3/2021) pukul 00.00 WIB sampai Senin (15/3/2021) pukul 06.00 WIB. Jadi, selama 24 jam ditutup total,” terang Plt. Kepala Balai Besar TNBTS, Agus Budi Santosa dalam rilis yang diterima BacaMalang.com, Jum’at (5/3/2021)

Agus menjelaskan, penutupan sementara semua kegiatan wisata Gunung Bromo sama dengan tahun sebelumnya saat Hari Raya Nyepi. Kondisi ini, lanjut dia, diyakini tidak akan berpengaruh pada kegiatan wisata hari-hari berikutnya. Pasalnya, penutupan sementara ini hanya berlaku sehari semalam.

”Kami hormati warga Tengger untuk melaksanakan penyepian. Jadi, tidak ada masalah ditutup total untuk sementara. Sesuai dengan pelaksanaan penyepian tahun kemarin, kegiatan wisata ditutup total. Jadi, kami ikuti penetapan yang sudah ada,” jelasnya.

Untuk diketahui, penutupan ini diterapkan disemua pintu masuk. Yakni dari arah Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang. (Yns/Red)