Antisipasi Covid-19, Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Malang Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Foto : Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kab. Malang Amarta Faza bersama tim. (ist)

BACAMALANG.COM – Tergerak ikut partisipasi antisipasi persebaran Virus Covid–19, Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Kabupaten Malang lakukan penyemprotan disinfektan, membagikan masker dan hand sanitizer gratis, Minggu (5/4/2020).

“Hari ini saya bersama tim, melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan. Kegiatan ini dibarengi dengan pembagian 100 hand sanitizer, dan 100 masker untuk masyarakat,” tegas Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Malang Amarta Faza.

Dikatakannya, dalam kegiatan ini pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat bergerak, meski dengan hal-hal sekecil apapun untuk melawan Virus Covid-19.

“Rekan-rekan DPC dan DPrt Partai NasDem Kabupaten Malang saya harapkan dapat mensosialisasikan pencegahan terhadap Virus Covid-19. Diantaranya dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, berjemur di bawah cahaya matahari dan rajin berolahraga. InshaAllah dengan ikhtiar-ikhtiar tersebut, kita terbebas dari Virus Covid–19,” papar Amarta Faza.

Amarta Faza menyampaikan bahwa, hari ini pihaknya mengadakan kegiatan penyemprotan disinfektan dengan sasaran sarana yang sering dipergunakan bersama oleh masyarakat. Diantaranya adalah tempat ibadah maupun sarana pendidikan.

Penyemprotan disinfektan ini bermanfaat untuk mengantisipasi potensi Virus Covid–19 yang dapat saja menempel di gagang pintu, meja, kursi, ruangan maupun toilet.

“Hari ini kita juga mendatangi masyarakat untuk membagikan hands sanitizer dan masker. Kita menyerukan menghindari orang berkumpul. Saat ini sudah ada himbauan untuk membatasi berkumpulnya orang lebih dari 10 orang. Maka teknik untuk membagikan hand sanitizer dan masker hari ini, kita mendatangi masyarakat, bukan mengumpulkan orang.

Hand sanitizer berguna untuk mencegah menempelnya virus, melalui media tangan.

“Tapi masyarakat perlu memahami bahwa, mencuci tangan dengan sabun, lebih baik daripada menggunakan hand sanitizer. Masker di perlukan untuk mencegah penularan virus yang tersebar melalui bersin/batuk,” ujar pria yang juga Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Malang.

Hal lain, Pasha (panggilan Amarta Faza) memaparkan pentingnya pemerintah daerah untuk mengantisipasi dampak Covid-19 bukan hanya dari sisi kesehatan saja, tapi juga memperhatikan aspek sosial dan ekonomi.

“Sudah kami sampaikan di agenda rapat di Ruang Anusapati, Pendopo Kabupaten Malang bahwa selain memperhatikan aspek kesehatan dalam jangka pendek, dampak sosial ekonomi dari Virus Covid–19 ini juga sangat penting untuk diantisipasi.

Ada banyak masyarakat yang berkerja informal (bekerja harian) terdampak oleh adanya Virus Covid–19 ini.

Ia mengatakan, pihaknya meminta Bappeda memperhatikan, jumlah penduduk yang secara mendadak tidak berpenghasilan, karena dampak dari Covid-19.

Ia khawatir karena dari data BPS 2018, ada sekitar 250 pabrik di Kabupaten Malang. Diharapkan Pemerintah Daerah menghitung berapa pekerja yang dirumahkan dan tidak memiliki penghasilan saat ini. Berapa tenaga informal yang tidak dapat bekerja. Belum lagi, jika ada tenaga kerja dari luar negeri yang dipulangkan karena negaranya terdampak virus Covid-19.

“Namun dari semua yang telah terjadi, kita harus tetap optimis, bersama dan bersatu untuk melawan segala dampak Virus Covid–19. Tidak ada ruang untuk saling menyalahkan, mari berbuat sekecil dan semampu kita,” tutup Amarta Faza. (had)