Lawan Covid-19, Pemuda Arenda Semprotkan Disinfektan

Pemuda Arenda sedang melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga Dusun Kendayaan Gondanglegi (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Makin hari banyak masyarakat yang sadar untuk melakukan pencegahan penyebaran pandemi Coronavirus disease 2019 atau Covid-19.

Upaya untuk mencegah Covid-19 itu salah satunya dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan disinfektan. Penyemprotan disinfektan ini dilakukan mulai dari pemerintah secara besar-besaran, hingga masyarakat dengan cara mandiri.

Di pusat perkotaan sampai dengan pelosok desa, masyarakat sudah sadar melakukan penyemprotan disinfektan secara masif. Seperti yang dilakukan para pemuda di Dusun Kendayaan, Desa Gondanglegi Wetan, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Para pemuda yang tergabung dalam Arenda tersebut secara swadaya melakukan penyemprotan disinfektan. Satu per satu rumah warga didatangi untuk disemprot disinfektan.

Kepala Dusun Kendayaan, Subandi menuturkan, penyemprotan disinfektan itu meliputi tiga rukun tetangga atau RT di wilayahnya.

“Penyemprotan dilakukan di RT 22, 23, dan 24. Harapannya, dengan kegiatan penyemprotan ini bisa bermanfaat bagi semua masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19,” kata Subandi, Minggu (5/4/2020).

Para pemuda Arenda saat melakukan penyemprotan disinfektan di Dusun Kendayaan (Dhimas)

Terpisah salah satu pemuda Dusun Kendayaan yang tergabung dalam Arenda, Defri Sandi mengatakan jika dalam situasi saat ini, pemuda harus ikut berjuang di garda depan agar pandemi Covid-19 tidak semakin menyebar.

“Kita harus ikut mencegah penyebaran corona ini. Termasuk juga menaati himbaun pemerintah, seperti tidak keluar rumah jika tidak penting serta menjaga jarak dan menghindari berkumpul,” ucap Defri.

Sebagai informasi, wilayah Kabupaten Malang merupakan zona merah Covid-19. Berdasarkan data yang dihimpun dari infocovid19.jatimprov.go.id, hingga pukul 13.17 WIB, Sabtu (4/4/2020), ada 127 orang dalam pemantauan atau ODP, 49 pasien dalam pengawasan atau PDP, dan 5 orang dinyatakan positif Covid-19.

Rinciannya, dari 5 orang yang dinyatakan positif tersebut, satu orang meninggal dunia dan 4 orang lainnya telah dinyatakan sembuh atau negatif Covid-19. (mid/yog)