Kolaborasi BTN dan Polinema, Supporting International Students dalam Masa Pandemi

Foto: Press conference BTN dan Polinema Supporting International Students dihadiri oleh Branch Manager BTN Malang Surastra (kiri), Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Polinema Hilda Cahyani SS., MPd., Ph.D (tengah), dan Kepala UPT Humas Polinema, Dr. Drs. M. Sinal SH., MH., MPd (kanan). (wahyu)

BACAMALANG.COM – Pandemi Covid-19 memang sangat berdampak bagi para mahasiswa yang saat ini menempuh studi di Kota Malang. Terutama para mahasiswa asing, yang dalam hal ini tidak dapat kembali ke negara asalnya.

Dalam membantu mengatasi permasalahan ini, Politeknik Negeri Malang (Polinema) menjalin kerjasama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) Malang. “Kami memberikan support mahasiswa (asing) yang posisinya sekarang berada di Malang, dan Kami memberikan secara langsung bantuan tersebut,” terang Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Polinema, Hilda Cahyani SS., MPd., Ph.D.

Menurutnya, bantuan ini sangat penting di masa pandemi karena mereka belum dapat kembali ke negaranya masing-masing. Apabila mereka pulang pun, tentunya juga sangat ketat sekali dalam proses tersebut. “Pemberian support ini adalah berupa uang tabungan sebesar Rp 1 juta kepada 24 mahasiswa asing,” paparnya.

Kepala UPT Humas Polinema, Dr. Drs. M. Sinal SH., MH., MPd menambahkan, rencana pemberian bantuan tabungan kepada mahasiswa asing Polinema tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 5 April 2021 pukul 18.60 di Hotel Atria Malang dan dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang seperti Wali Kota Malang, Wakil Wali Kota Malang, Ketua Penggerak PKK Kota Malang, Kapolresta Malang Kota, Dandim 0833 kota Malang dan lainnya.

“Kegiatan pada ceremony malam ini, ini yang pertama kalinya. Mengapa badan humas mengundang beberapa pejabat sipil maupun militer?, karena agar mahasiswa asing di Polinema ada sedikit rasa bangga dan aman. Mereka yang datang ke Indonesia khususnya di Polinema, bisa merasa bahwa yang memerhatikan mereka tidak hanya pihak kampus, tetapi dari pihak pejabat, baik itu dari dunia industri dan beberapa petinggi militer dan pemerintah daerah. Untuk itu, Kami memberikan perhatian yang serius kepada mereka,” tandasnya.

Selain itu, Sinal juga ingin memberikan harapan kepada masyarakat luar maupun sekitar agar tidak ragu untuk dapat mendorong putra-putrinya studi ke kota Malang, khususnya di Polinema.

“Harapan Saya, mereka itu sebelum pulang ke tanar air masing-masing, bisa menciptakan karya tentang Indonesia. Dan saya ingin memberikan pemahaman kepada dunia Internasional bahwa kuliah di Malang itu kondusif. Artinya Anda tidak perlu ragu menguliahkan atau mengirim mahasiswanya ke Malang raya, khususnya Polinema karena dijamin aman.” pungkasnya.

Sementara itu, Branch Manager BTN Malang Surastra menyebut bahwa Bank BTN Cabang Malang hadir bersama Polinema sejak tahun 2006. Wujud kebersamaan ini dimulai sebagai bagian kerjasama yang patut disyukuri dan apresiasi, dimana bank BTN hadir menjadi mitra Polinema.

“Motifnya (kerjasama) untuk apa?, yang impactnya untuk apa?, tentunya karena Kami bersinergi bersama Polinema sedang menggarap secara serius animo masyarakat luar negeri yang ingin berkuliah di Malang, sehingga dengan memberikan stimulus seperti ini diharapkan tentunya ada mahasiswa-mahasiswa baru,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga ingin mengenalkan BTN dimata Internasional dan juga masyarakat Indonesia bahwa BTN ini menjadi bagian lembaga yang peduli dengan pendidikan. “Jadi tidak sekadar menjadi BUMN yang peduli, tetapi juga memiliki komitmen,” ujar Surastra. (wah)