Pemkab Malang Komitmen Bina Seniman dan Budayawan

Bupati Malang HM Sanusi memberikan sambutan pada pembukaan Musyawarah Seniman Kabupaten Malang (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Pemerintah Kabupaten Malang berkomitmen untuk memberikan fasilitas kepada seniman dan budayawan di Kabupaten Malang.

Bupati Malang, HM Sanusi menginginkan, seniman dan budayawan terus berkreasi meskipun di tengah pandemi. Hal ini dikatakan Sanusi usai membuka Musyawarah Seniman Kabupaten Malang di Pendopo Panji Kepanjen, Senin (5/4/2021).

“Jadi nanti apa saja yang jadi kebutuhan untuk mengembangkan mereka, nanti melalui Disparbud akan terus kita kembangkan ke depan. Nanti melalui pembinaan, inisiasi dan event. Yang tentunya akan melibatkan seniman-seniman ini,” ujar Sanusi.

Politikus PDI Perjuangan menambahkan, selama ini Pemkab Malang telah memberikan dukungan kepada seniman dan budayawan. Dukungan ini demi eksistensi para seniman dan budayawan di Kabupaten Malang.

“Sementara ini masih pemberdayaan. Kan masih dievaluasi lagi. Kalau event sepertinya masih belum bisa digelar,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara menyampaikan, salah satu dukungan yang saat ini bisa dimanfaatkan oleh seniman di Kabupaten Malang adalah Pendopo. Baik Pendopo Agung maupun Pendopo Panji.

“Pendopo ini bisa digunakan. Misalnya gelaran ludruk. Itu sudah ada layar monitor yang besar. Tempatnya juga ada. Saat ini, itu bisa menjadi dukungan nyata yang bisa diberikan Pemkab Malang,” terang mantan Kepala Dispora Kabupaten Malang. (mid/red)