Bersama Walikota dan Pabung, Kapolres Batu Sidak Tempat Keramaian

Foto: Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama bersama Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, saat melakukan sidak penggunaan masker dan penerapan protokol kesehatan, di area keramaian. (eko)

BACAMALANG.COM – Seputaran Alun-alun dan berapa titik tempat keramaian di Kota Batu, menjadi sasaran inspeksi mendadak (sidak). Hal itu dilakukan, untuk menekan penyebaran wabah Covid-19, pada Kamis (5/7/2020) malam.

Sidak yang dipimpin oleh Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si tersebut di dampingi Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK., MIK dan perwira penghubung Kodim 0818 Mayor Inf Choirul Effendi.

Berdasarkan pantauan awak media di lapangan, saat sidak, masih saja ditemui beberapa masyarakat yang masih saja belum menggunakan masker.

Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si mengatakan, bahwasanya dalam sidak tersebut mayoritas masyarakat di Kota Batu sudah menerapkan protokol kesehatan.

“Salah satunya sudah banyak yang menggunakan masker, ini tadi berpindah sekitar 5 tempat keramaian, dan beberapa diantaranya juga membawa hand sanitizer sendiri,” kata Budhe sapaan akrabnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, di setiap tempat yang dikunjungi, juga memberikan edukasi, sosialisasi tentang pentingnya untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Selain itu juga dibarengi dengan pembagian masker secara gratis kepada masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker. Mayoritas masyarakat mulai memahami, akan pentingnya menggunakan masker di masa pandemi seperti saat ini,” imbuh dia.

Senada dengan Wali Kota Batu, Kapolres Batu AKBP Harviadi Agung Prathama, SIK., MIK juga mengatakan, adanya sidak tersebut dilakukan, sebagai upaya untuk mencegah dan meminimalisasi akan penyebaran wabah Covid-19 di Kota Batu,

“Ya, untuk itu, sidak dan sosialisasai ini dilakukan di tempat-tempat keramaian atau yang biasa dikunjungi masyarakat dan wisatawan,” kata Harvi sapaan akrabnya.

Selain itu, menurut mantan ajudan Kapolda Jatim di era Drs. Macfud Arifin ini, Kota Batu adalah jujukan para wisatawan dari berbagai daerah yang datang berkunjung.

“Oleh sebab itu, kami dari personel Polres Batu dan TNI, juga dari Pemkot Batu, mobiling untuk mengingatkan warga masyarakat dan wisatawan, untuk tetap selalu menerapkan protokol kesehatan,” ujar dia.

Meskipun dalam sidak tersebut rata-rata pengunjung dan wisatawan sudah menggunakan masker, lanjut Harvi, jangan hanya saat disidak saja. Melainkan harus selalu tetap memakai masker.

“Tujuannya untuk menjaga dan mengantisipasi penyebaran Covid-19. Semoga masyarakat selalu taat dan disiplin terhadap protokol kesehatan, bukan karena takut terkena sanksi karena sidak, namun memang sebuah kesadaran untuk menerapkan pola hidup sehat,” pungkas dia. (Eko/Red)