Suka Buat Konten YouTube, Cewek Ini Asah Kepedulian Sosial Sembari Promo Wisata

Novia (tengah). (ist)

BACAMALANG.COM – Pandemi tak hanya melahirkan kisah kedukaan dan keprihatinan belaka.

Namun dibalik pandemi juga memunculkan cerita positif dan diharapkan bisa menginspirasi semua orang.

Seperti halnya cewek satu ini yang suka nge-vlog dan jadi YouTuber karena ingin mengasah kepedulian sosial dan memberikan panduan wisata.

“Saya kebetulan senang jalan-jalan. Nge-YouTube ini banyak manfaatnya. Tidak hanya melatih kepekaan dan kepedulian kepada sesama, namun juga bisa memberi panduan berwisata kepada orang lain, ” tegas Lany Novia yang biasa dipanggil Novia ini.

Novia mengatakan dirinya senang membuat konten YouTube karena dari dulu menyukai traveling.

Bertahun-tahun menjalani traveling sendiri ke beberapa daerah dan ke beberapa negara sendirian.

“Banyak pengalaman yang berharga yang aku pikir bakalan berguna buat orang lain. Banyak teman tanya gimana cara traveling ke suatu tempat, makanya dengan ngeyoutube aku harap aku bisa bagi pengalamanku selama traveling dan aku juga mau promosiin tempat wisata Indonesia ke dunia. Karena kebanyakan temanku juga bule. Kalau temenku bule-bule itu kesini juga sering tanya-tanya sama aku gimana-gimananya. Makanya ini juga jadi alasanku kenapa aku mau ngeyoutube,” tutur Novia.

Ia menjelaskan, tujuan nge-vlog adalah berbagi pengalaman, tips dan trik traveling untuk orang-orang Indonesiadan juga memperkenalkan wisata Indonesia ke teman bule agar pariwisata Indonesia semakin dicintai.

“Karena itu kebanyakan aku pakai bahasa inggris waktu nge-YouTube,” jelas perempuan alumnus Universitas Negeri Malang ini.

Novia menjelaskan, terkait perangkat kamera yang dipergunakan masih sederhana kepunyaan sendiri karena dari dulu, ia hobi traveling dan fotografi.

Ia seringkali membuat konten sendirian dan kadang-kadang bersama teman atau keluarga.

Novia memaparkan, ia menyukai membuat konten tentang travelling, makanan (kuliner) di tempat-tempat yang bertarif terjangkau.

Ia menuturkan, dirinya tidak mematok konten dengan target muluk-muluk semisal uang dan popularitas.

Namun ia lebih kepada kebanggaan dan pencapaian terhadap kepuasan diri sendiri bisa berkontribusi kepada negara karena ikut mempromosikan Indonesia.

“Yah bisa dikatakan, menjadi wujud rasa cinta kepada negara, dan juga senang bisa membantu orang lain memberi informasi yang mereka butuhkan,” imbuh perempuan yang juga karyawan perusahaan swasta di Kota Malang ini.

Ia mengatakan, pengalaman paling mengesankan selama nge-YouTube cukup banyak.

Tapi salah satunya yakni bisa menjadikan lebih sensitif terhadap lingkungan sekitar karena berpikir orang lain akan senang juga melihat tayangan videonya.

“Dan yang paling mengesankan ketika bisa ketawa ngakak- ngakak bareng temen-temen,” urai Novia.

Ia mengatakan, adanya PSBB saat pandemi beberapa waktu lalu, cukup berdampak pada dirinya.

“Aku yang hobi maniak traveling, yang biasanya setiap bulan pergi ke Bali atau ke kota lain, yang awalnya Maret mau ke Eropa juga batal semua. Padahal untuk ambil cuti di tempat kerja juga gak mudah. Udah planning tapi gagal. Gak bisa ketemu pacarku juga bule Inggris, gak bisa traveling dan explore. Kayak stuck disini,” jelas Novia.

Ia mengungkapkan, sudah membuat banyak konten meskipun baru mulai sekitar dua bulan lalu.

“Padahal traveling sudah bertahun-tahun dari dulu mau mbuat blog dan youtube tapi belum sempet. Sampai akhirnya 2 bulanan yang lalu aku mulai,” ujar Novia.

Novia mengatakan, lokasi pembuatan konten paling jauh yaitu di Australia.
Novia memberi pesan untuk semua rakyat di tengah kondisi pandemi ini. Yakni pokoknya jangan pernah putus asa dengan kondisi apapun yang terjadi, apapun dan seburuk apapun.

“Percayalah semua akan membaik. dan dibalik kejadian yang buruk selalu ada hikmahnya dan akan datang kebaikan Jadi jangan pernah menyerah dan putus asa karena hidup itu adalah perjuangan,” tegas Novia mengakhiri. (had/zuk)