KPUD Kabupaten Malang Selesaikan Rekap DPHP Tingkat Kecamatan

Foto: Rapat Pleno Terbuka Tingkat Kecamatan Pakisaji dalam Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran. (ist)

BACAMALANG.COM – Tahapan Pemilihan Serentak Lanjutan yang digelar saat ini adalah pemutakhiran data pemilih dengan tujuan untuk memastikan pemilih bisa masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kabupaten Malang.

Pemutakhiran data pemilih diawali dengan pencocokan dan penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sejak tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus 2020. Dilanjutkan penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran tersebut oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang kemudian di Plenokan pada tanggal 30 Agustus sd 01 September 2020.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang menjalankan tahapan pemutakhiran data sesuai dengan tahapan yang tertuang dalam Peraturan KPU nomor 5 Tahun 2020. Tanggal 02- 04 September 2020 adalah masa Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) di tingkat Kecamatan, dan sesuai dengan jadual yang diterima KPU Kabupaten Malang .

“Pada tanggal 2 September telah terlaksana Rapat Pleno Terbuka yang dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 18 Kecamatan,” ujar Khilmi Arif, Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Malang .

Hari ini, lanjut dia, sebanyak 33 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah menyelenggarakan Rapat Pleno Terbuka, dengan demikian Rekapitulasi DPHP tingkat kecamatan akan berjalan di waktu yang tepat sesuai Tahapan.

“Rapat Pleno Terbuka di tingkat Kecamatan yang menghadirkan Panwaslu Kecamatan dan Perwakilan Parpai Politik di masing-masing kecamatan se-kabupaten Malang, bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” harapnya .

Menurutnya, rekapitulasi di tingkat Kabupaten rencananya akan diselenggarakan pada 10 atau 12 September 2020 sesuai dengan PKPU 5 tahun 2020 untuk rekap di Kabupaten yakni mulai 5 – 14 September, sehingga mencukupi untuk persiapan segala sesuatunya menuju hari rekap tersebut. (yon/red)