Ribuan Siswa SMAK Kosayu Jelajah Virtual 62 Kampus

Foto: Siswa SMAK Kosayu ikuti jelajah virtual kampus. (ist)

BACAMALANG.COM – Ribuan siswa SMAK Kosayu di 27 Provinsi 150 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia mengikuti jelajah 62 kampus secara daring di masa pandemi baru-baru ini.

“Siswa Kita dari 27 provinsi, 150 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia. Semuanya mengikuti secara daring pengenalan kampus se-Nusantara dan luar negeri,” tandas Wakil Kepala Sekolah bagian Humas, Petrus Wisnu Wiyono Sakti.

Sekilas info, pengenalan dunia kampus kepada siswa di SMAK Kosayu (Kolese Santo Yusup) Malang digelar unik. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena pandemi Covid-19, siswa bisa keliling kampus dalam negeri maupun luar negeri secara virtual.

Sekolah swasta yang lebih terkenal dengan panggilan Hua Ind tersebut mengajak siswa-siswa terutama yang hendak melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, dengan cara expo perguruan tinggi.

Petrus Wisnu Wiyono Sakti, menjelaskan expo perguruan tinggi (PT) diikuti oleh ratusan siswa dari seluruh tanah air.

Kegiatan yang memanfaatkan fasilitas teknologi dan jaringan internet ini digelar selama dua hari, Jumat – Sabtu (4-5/9/2020) dilanjutkan expo pameran di keesokan harinya.

“Kita ada dua sesi. Ada juga expo karir yang biasanya disini oleh alumni. Mereka ke sini memberikan wawasan tentang perguruan tinggi. Ini yang ke-22 tahun kami gelar sejak pertama kali tahun 1998. Karena pandemi kita masih melaksanakan secara online,” jelas Petrus.

Para siswa kelas akhir tersebut dibekali wawasan seputar perguruan tinggi baik PT di Indonesia maupun di luar negeri seperti di Hongkong, Malaysia dan Singapura. Total ada 62 perguruan tinggi dan biro pendidikan.

Wisnu menilai setiap kebijakan ada sisi kelebihan dan kelemahannya. Pihaknya jika boleh memilih, lebih nyaman secara langsung seperti tahun-tahun sebelumnya karena resiko dan kendalanya bisa diantisipasi sebelumnya. (*/had)