Pererat Silaturahim, SIWO PWI Kota Batu Gelar Turnamen Catur Wartawan

Foto: Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Batu menggelar olahraga sekaligus silaturahim melalui kegiatan turnamen catur. (Eko)

BACAMALANG.COM – Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Batu menggelar olahraga sekaligus silaturahim melalui kegiatan turnamen catur, Sabtu (5/12/2020) pagi.

Kegiatan “olahraga asah otak” tersebut diikuti wartawan yang bertugas dan berdomisili di Kota Batu. Pelaksanaannya berlangsung di Kantor SIWO PWI Kota Batu, Jalan Hasanudin, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Sekitar 35 peserta, semuanya wartawan, mengikuti turnamen tersebut dengan menggunakan sistem Swiss. Mereka bertanding memperebutkan hadiah total jutaan rupiah untuk juara satu, dua dan tiga yang disediakan SIWO PWI Kota Batu.

‘’Turnamen catur kali ini khusus untuk wartawan. Mereka harus bertanding sungguh-sungguh, sehingga menjadi juara dan berhak mendapatkan hadiah,’’ ungkap Roy Mastur selaku Ketua Pelaksana Olahraga dan Silaturahim Turnamen Catur SIWO PWI Kota Batu.

Turnamen catur SIWO PWI Kota Batu tersebut akan dibuka Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. Hadir juga Ketua Umum KONI Kota Batu, Drs. Mahfud serta beberapa pejabat dan pimpinan instansi pemerintahan dan swasta di Kota Batu.

Pihak panitia turnamen pun sudah mendatangkan juri (wasit catur) dari Percasi Kota Batu. Hal itu dilakukan agar pertandingan benar-benar dilakukan secara fair dan akan diperoleh juara yang sepatutnya.

Bagi SIWO PWI, turnamen catur ini juga digunakan sebagai wadah pencarian bibit yang nantinya bisa diikutkan dalam Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2021 yang akan berlangsung di Malang Raya. Selain itu juga dihajatkan untuk melihat potensi kemampuan catur di antara wartawan untuk ajang lainnya.

‘’Sebenarnya kami sudah merancang untuk kegiatan catur on the river. Rencana awal, pertandingan itu ada kelas khusus wartawan dan kelas umum atau pelajar. Catur on the river juga ada sisi uniknya dan sisi pariwisata demi mendukung Pemkot Batu dan KONI Kota Batu mewujudkan sports tourisme di kota ini. Namun karena pandemi Covid-19, agenda kegiatan menjadi sangat terbatas,’’ terang Mastur.

Catur, lanjut dia, merupakan olahraga otak. Olahraga jenis ini sangat cocok untuk para wartawan yang setiap hari bertugas liputan hingga mengolah bahan naskah menjadi berita. Olahraga catur ini juga menjadi kegiatan penyegaran bagi para wartawan Kota Batu yang setiap hari memiliki jadwal padat melakukan kegiatan jurnalistik.

‘’Selain itu, kegiatan seperti ini juga untuk ajang silaturahim antara wartawan dengan beberapa undangan, pejabat atau bahkan narasumber,’’ terang Bendahara SIWO PWI Kota Batu ini.

Sementara itu, Ketua PWI Malang Raya M. Ariful Huda mengaku sangat mengapresiasi atas diselenggarakan turnamen tersebut.

“Ini merupakan inisiatif yang bagus yang dilakukan oleh SIWO PWI Kota Batu, karena banyak hal yang bisa diambil manfaatnya, yang pertama adalah menjalin silaturahmi dan persaudaraan di antara teman-teman wartawan dan jurnalis yang ada di Kota Batu,” ujarnya.

Kemudian yang kedua, lanjut Pak King sapaan akrabnya, juga sebagai sarana untuk meningkatkan imun karena oalahraga catur itu menurutnya ada berpikirnya, dan ada santainya.

“Sehingga disini dapat meningkatkan imun bagi teman-teman jurnalis,” ungkap dia.

Meski begitu, dirinya juga berharap, agar di tahun-tahun ke depan mungkin bisa lebih ditingkatkan lagi.

“Ya, dengan melibatkan mitra dari jurnalis, sehingga lebih bagus lagi nantinya,” tandasnya.

Sekadar diketahui, pada SIWO PWI turnamen catur antara wartawan itu, juara satu berhasil diraih oleh Adi Wiyono, kemudian juara dua diraih Febri Setiawan dan selanjutnya juara tiga diraih Ismail Hasan. (Eko)