Upacara Korps Rapor Kenaikan Pangkat Secara Virtual, Ini Pesan Kapolres Batu

Foto: Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH, saat tengah mengikuti Upacara Korps Rapor Kenaikan Pangkat secara virtual. (Eko)

BACAMALANG.COM – Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH mengikuti Upacara Korps Rapor Kenaikan Pangkat Reguler TMT 1 Januari 2021 dan, PNS Polri TMT 1 Oktober 2020.

Pada upacara kenaikan pangkat kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, di masa pandemi wabah Covid-19, upacara kenaikan pangkat dilakukan secara virtual, yang berlangsung di gedung Rupatama Mapolres Batu, Jalan AP III Katjoeng Permadi, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Rabu (6/1/2021).

Dalam periode 1 Januari 2021, sebanyak 75 personil di lingkungan Polres Batu menerima kenaikan pangkat.

Upacara kenaikan pangkat ini dipimpin oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, SIK., SH., MH dan di ikuti oleh Polres Jajaran Polda Jawa Timur secara serentak.

Giat ini dihadiri juga oleh Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH dan Wakapolres Batu Kompol Suharsono, SH beserta para pejabat utama Polres Batu.

Dalam upacara tersebut, tetap memberlakukan protokol kesehatan, sebagaimana sesuai dengan himbauan dari pemerintah.

Dalam arahannya, Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH menyampaikan, bahwasanya kenaikan pangkat secara virtual ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar, walaupun di tengah pandemi Covid-19, namun tidak mengurangi makna daripada kenaikan pangkat itu sendiri.

“Upacara kenaikan pangkat dalam organisasi Polri, bukan semata-mata merupakan hak setiap personel yang di berikan secara otomatis begitu saja. Akan tetapi, selektif dengan melihat prestasi kinerja, integritas dan moralitas personel, serta dedikasi terhadap organisasi dan beberapa aspek lain,” kata Catur sapaan akrabnya.

Mantan Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur ini menambahkan, kenaikan pangkat bukan hanya perubahan status, gaji dan hak yang diterima.

“Namun, juga sebagai cerminan kompetensi yang dimiliki, sehingga dapat meningkatkan profesionalisme dan tanggung jawab sesuai jenjang pangkat yang diraih,” pungkasnya.

Sekadar diinformasikan, selama periode 1 Januari 2021, personel Polres Batu yang memperoleh kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi berjumlah 75 personel.

Dari Anggota Polri yang melaksanakan ukap sebagai berikut: AKP ke KOMPOL 1 orang, IPTU ke AKP 2 orang, IPDA ke IPTU 9 orang, AIPDA ke AIPTU 5 orang, BRIPKA ke AIPDA 21 orang, BRIGPOL ke BRIPKA 9 orang, BRIPTU ke BRIGPOL 1 orang, BRIPDA ke BRIPTU 23 orang.

Sedangkan dari PNS Polri PENDA I – PENATA: 1 orang, PENGATUR-PENGATUR I: 1 orang dan PENGDA-PENGDA I: 1 orang. (Eko)