Diduga Ada Mark Up Miliaran Rupiah, Yayasan Ujung Aspal Minta Klarifikasi Pembelian Tanah Bank Jatim di Batu

Foto : Suwito SH, dari Yayasan Ujung Aspal. (ist)

BACAMALANG.COM – Yayasan Ujung Aspal meminta klarifikas dan informasi dugaan mark up pembelian lahan berupa tanah dan bangunan yang dipergunakan kantor Bank Jatim di Kota Batu.

“Kami telah mengirimkan surat kepada Bank Jatim Cabang Kota Batu untuk meminta informasi atau klarifikasi dugaan tindak pidana korupsi di PT. Bank Jatim, ” ungkap Penasehat Hukum Yayasan Ujung Aspal Suwito di kantornya, Senin (6/4/2020).

Dikatakannya, surat dari pihaknya bukan ilegal atau tidak berdasar tetapi surat tersebut berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia.

Dasar pihaknya bersurat, kata dia, ialah Peraturan Pemerintah Republik indonesia Nomor 43 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan Dalam Pencegahan Dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dalam Pasal 2 (ayat1 ) Peraturan Pemerintah Nomor 43 menyebutkan bahwa masyarakat dapat berperan serta membantu upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi.

Dalam Pasal 2 ( ayat 2 ) menyebutkan bahwa peran serta masyarakat sebagaimana dimaksud pada ( ayat 1 ) diwujudkan dalam bentuk, hak mencari, memperoleh, dan memberikan informasi adanya dugaan tindak pidana korupsi.

Selain itu, kata mahasiswa magister hukum Widyagama ini, masyarakat diberikan hak untuk memperoleh pelayanan dalam mencari dan memberikan informasi adanya dugaan telah terjadi tindak pidana korupsi kepada penegak hukum yang menangani perkara korupsi.

Dalam hal ini, kata anggota Peradi Malang Raya ini, pihaknya meminta informasi tentang dugaan mark up pembelian lahan berupa tanah dan bangunan yang dipergunakan kantor bank jatim di Kota Batu.

“Pemberian dana itu, adalah hal yang menyakitkan masyarakat dimana pemberian itu dilakukan disaat banyak masyarakat membutuhkan bantuan, Selain itu kami mempertanyakan asal muasal dana Rp 250 juta yang diberikan itu,” ujar Suwito.

Hingga berita diturunkan, redaksi BACAMALANG.com sudah berupaya konfirmasi ke pimpinan Bank Jatim Cabang Batu Theresia Wiwin Ermawati tapi belum ada respon. (yog/had)