Petani di Kabupaten Malang Tak Khawatir Ancaman Covid-19

Kepala DTPHP Kabupaten Malang, Budiar Anwar (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Para petani di Kabupaten Malang tidak merisaukan ancaman pandemi Coronavirus disease 2019 atau Covid-19.

Dikatakan Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan atau DTPHP Kabupaten Malang, Budiar Anwar, bahwa petani di wilayahnya tetap beraktivitas seperti biasa.

“Panen raya tidak terganggu karena petani tidak mikir kesana. Saya kemarin sempat ke Bantur, saya sampaikan kepada petani, warga desa itu tidak perlu khawatir, karena tidak usah ke supermarket bisa mengambil sayur di belakang rumah, sudah bisa makan,” kata Budiar, Senin (6/4/2020).

Mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Malang ini juga memberikan himbauan kepada petani agar menjaga pola hidup sehat. “Saya jelaskan juga untuk selalu jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun,” tutur Budiar.

Budiar menambahkan, pada periode bulan Maret hingga Juni nanti, di wilayahnya memasuki masa panen raya. Meskipun tengah menghadapi ancaman pandemi Covid-19, kata menjelaskan, panen raya tersebut tidak terganggu.

“Di Kabupaten Malang tidak ada masalah. Mereka kan mulai tanam Desember 2019 lalu, rata-rata Maret, April dan Juni ini panen raya,” ungkapnya.

Selain itu, Budiar menjelaskan, cadangan beras di Kabupaten Malang untuk menghadapi pandemi Covid-19 masih cukup aman untuk beberapa bulan ke depan. (mid/yog)