PMI dan Warga Kenongosari Turen Berjibaku Antisipasi Covid-19

Foto : Penyemprotan disinfektan di Kenongosari Turen. (ist)

BACAMALANG.COM – PMI dan Warga Kenongosari Kelurahan Turen Kecamatan Turen Kabupaten Malang berjibaku mengantisipasi Covid–19 dengan penyemprotan disinfektan secara intensif.

“Hari ini pemerintah meningkatkan himbauan kewaspadaan kepada warga untuk secara ketat menggunakan masker mengantisipasi Covid–19. Kami turut memback up dengan menyemprotkan disinfektan di Kenongosari,” tandas Sekrataris PMI Kecamatan Turen, Sugeng Supriyanto SE, Senin (6/4/2020).

Dikatakannya, penyemprotan disinfektan dilakukan di Kenongosari Kelurahan Turen Kecamatan Turen, tepatnya di gang 2 dan gang 3.

Sugeng menuturkan, jumlah personil dalam tim yang diterjunkan dari PMI ada 6 personil dan dibantu warga setempat.

“Dari unsur PMI 6 orang, Polsek Turen 1 orang, Koramil 1 personil, warga RT 1 orang dan 15 orang dari warga RT 02 sebanyak 10 orang.

Penyemprotan dilakukan dimulai dari hari Sabtu sore 4 April 2020 dari Tim PMI mendampingi Gunawan RT 01 ( Kenongosari Gang Dua), mencampurkan bahan disinfektan sesuai dengan takaran agar esok harinya bisa dipergunakan.

Termasuk melakukan cek peralatan yang akan dipakai untuk Minggu pagi.

“Pelaksanaan Minggu pagi tanggal 5 April jam 07.00 kami bersama warga mulai persiapan dan pengisian disinfektan dan dibagi beberapa unit tim untuk langsung pembagian tugas agar pelaksanaan penyemprotan cepat selesai dan tepat sasaran, termasuk fasilitas umum seperti musala, tempat mengaji, pos ronda maupun rumah kos yang penghuninya banyak menjadi sasaran utama penyemprotan,” tutur Sugeng.

Sasaran penyemprotan dilakukan pada 2 titik lokasi penyemprotan yaitu Kenongosari Gang 2 dan Kenongosari Gang 3.

Penyemprotan dijalankan bertujuan membasmi virus-virus penyebab penyakit termasuk Covid–19.

Dikatakannya, pihaknya ingin agar masyarakat semakin sadar akan tanggung jawab masing-masing supaya rantai penularan Covid–19 terputus. Yakni tidak keluar rumah bila tidak penting.

“Hal ini mengingat sekarang fase kedua yakni masa inkubasi dari penyakit ini yang akan mulai dirasakan oleh penderitanya. Oleh sebab itu bila keluar rumah wajib memakai masker. Serta paling penting sering cuci tangan, berperilaku hidup sehat juga istirahat cukup,” pungkas Sugeng. (had)