Sah! Darmadi Jabat Ketua DPRD Kabupaten Malang Definitif

Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto (kiri) didampingi Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Malang, Darmadi (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Teka-teki siapa yang akan menduduki jabatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malang pengganti Didik Gatot Subroto akhirnya terjawab sudah.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Malang sekaligus Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Darmadi, dipilih menjadi Ketua DPRD definitif. Darmadi hanya tinggal menunggu waktu untuk menggantikan Didik yang kini menjabat Wakil Bupati.

Hal ini diungkapkan sendiri oleh Didik selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Selasa (6/4/2021).

“SK (Surat Keputusan, red) DPP sudah turun. Diberikan kesempatan kepada Pak Darmadi. Selanjutnya setelah SK Gubernur turun, ada satu mekanisme lagi yang harus disiapkan, kita akan meminta Sekretariat DPRD kepada Kepala Pengadilan sebagai wakil Bu Gubernur untuk melaksanakan pelantikan,” kata Didik, ditemui usai rapat paripurna.

Didik pun bilang, paling cepat pelaksanaan pelantikan Darmadi dilaksanakan minggu depan. “Insyaallah minggu depan ini,” ucapnya.

Lebih jauh, Didik memaparkan, pemilihan calon Ketua DPRD definitif sudah dilakukan sesuai AD/ART partai berlambang banteng. Selain Darmadi, ada nama lain yang diajukan ke DPP PDI Perjuangan.

“Syaratnya harus masuk struktural, KSB, ketua, sekretaris, bendahara. Kemudian ada kewajiban kedua, mereka sudah menjabat satu periode, minimal. Ini yang menjadi catatan, bagian indikator, seseorang itu bisa diberikan ruang untuk bisa mengganti pimpinan. Tetapi, kewenangan sepenuhnya ada di DPP. Kemarin ada Pak Darmadi, ada Bu Tutik Yunarni, ada Pak Busilan. Kita usulkan semuanya,” terang Didik.

Terakhir, Didik menyampaikan, kredibilitas dan kinerja Darmadi sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Selama ini, dedikasi Darmadi baik sebagai anggota legislatif maupun anggota partai, sudah mumpuni.

“Sejauh ini Pak Darmadi dicatat, oleh DPP, DPD, dan DPC, masih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas keseharian sebagai Sekretaris DPC, sebagai Ketua Komisi dan sebagai anggota Fraksi,” Didik mengakhiri. (mid/red)