Sambut Ramadhan, Yayasan Fatihurrohmah Malang Ajak Berdonasi

Caption : Anak-anak usai belajar mengaji. (ist)

BACAMALANG.COM – Menyambut datangnya Bulan suci Ramadhan, Yayasan Fatihurrohmah Kota Malang, mengajak menjalankan fastabiqul Khoirot (Faskho) atau berlomba berbuat kebaikan lewat donasi.

“Bulan suci Ramadhan semakin dekat. Kami mengajak Anda mampir ke tempat kami melihat kegiatan keagamaan yang kami jalankan selama ini. Semoga kita bisa berlomba berbuat kebaikan. Salah satunya bisa melakukan donasi di tempat Kami,” tutur pengasuh dan pengurus yayasan Gus Abdur Rohman selaku pengasuh dan pengurus yayasan Fatihurrohmah Malang.

Yayasan yang berada di Jalan Mayjend Sungkono, Kedungkandang, Kota Malang ini membina santri kurang mampu selama bertahun-tahun.

Gus Abdur Rohman selaku pengasuh dan pengurus yayasan mengatakan, lembaga pendidikan ini sudah berjalan sekitar kurang lebih 11 tahun.

Selama 11 tahun itu, kebutuhan operasional ditangani oleh internal yayasan. Dan saat ini, pihaknya telah melangsungkan proses pembangunan fisik demi kelayakan proses belajar mengajar anak didik.

“Sementara selama 11 tahun ini kami hanya bisa membiayai lembaga dengan mandiri. Kami sudah berjalan kurang lebih 11 tahunan akan tetapi untuk izin yayasan baru mampu membiayai di tahun 2019,” kata Gus Rohman, Selasa (6/4/2021).

Jual aset untuk eksis

Ia mengaku bahwa saat ini proses pembangunan yayasan lembaga pendidikan membutuhkan uluran bantuan dari para donatur yang peduli terhadap keberlangsungan lembaganya.

Lembaga ini bergerak di bidang PKBM atau sekolah kejar paket A, B, C gratis, Taman Baca Masyarakat (TBM) gratis, TPQ Gratis, dan lembaga kesejahteraan sosial non panti.

Gus Rohman sendiri mengakui bahwa fasilitas yang ada masih jauh dari kata layak. Ia merinci perkembangan lembaganya itu. Yakni di tahun 2019-2020, anak didik mencapai 40-an.

Periode berikutnya, yakni tahun ajaran 2021-2021, anak didik lembaga pendidikan ini bertambah menjadi 65 anak didik. Santri yang belajar terdiri dari yatim piatu, duafa dan warga kurang mampu dari kalangan sekitar yayasan.

“Karena fasilitas belum memadai dengan terpaksa anak-anak belajar dengan fasilitas seadanya,” tuturnya.

Ia menyampaikan, di tahun ajaran 2019-2020, dimana saat itu berada di awal kondisi pandemi Covid-19, pihaknya harus membiayai honor guru sekolah selama empat bulan.

Caranya, lanjut Gus Rohman, pihaknya terpaksa harus menjual aset yang ada seperti komputer dan laptop untuk menutupi kebutuhannya itu.

“Sampai hari ini kami belum bisa lagi menggantinya untuk pengadaan laptop dan komputer yang mana berfungsi untuk menerima dan mengirim data ke dinas,” ungkapnya.

Pada akhir tahun 2020, pihaknya membangun gedung dengan modal bismilahirrohmanirrohim. Bangunan ini kini masuk bulan kelima dan masih stagnan di angka 15 persen untuk realisasinya. Bangunan tersebut nantinya yang akan menjadi tempat belajar mengajar para santri.

“Masih selesai satu ruangan saja dikarenakan terhambat datangnya donasi,” kata Gus Rohman.

Kemudian, dia juga menanggapi Surat Keputusan Bersama 4 Manteri tentang pembelajaran tatap muka yang sudah diizinkan.

Ia membeberkan ada beberapa hambatan yang harus dihadapi dan membutuhkan bantuan segera. Yakni tidak adanya perangkat laptop atau komputer sebagai sarana menerima atau mengirim data ke dinas-dinas atau lembaga terkait.

Pihaknya juga membutuhkan bantuan WiFi gratis untuk lembaga yang sampai saat ini belum juga tersedia. Sementara toilet santri atau siswa masih belum representatif.

“Dan yang paling urgen adalah masalah atap yang harus dirombak total. Sementara kami sudah menerima 50 batang kanal c galfalum dari donatur, tinggal sepandeknya saja,” tambahnya.

Dalam waktu dekat ini, lembaga pendidikannya akan menyambut program Pesantren Ramadhan. Kegiatannya diantaranya adalah santri mukim dan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an.

Bagi Anda yang tergugah untuk ikut berpartisipasi dengan cara berdonasi demi keberlangsungan Yayasan Fatihurrohmah Malang ini, Anda bisa langsung mendatangi alamat tersebut di Jalan Mayjend Sungkono Kedungkandang Kota Malang, atau transfer ke rekening Bank Jatim 0043081748 atas nama Yayasan Fatihurrohmah. (*)