Satpol PP Segera Panggil Provider Tower BTS di Wonokerto

BACAMALANG.COM – Satpol PP Kabupaten Malang bakal memanggil provider pemilik tower BTS di Jalan Taman Suci Desa Wonokerto, Kecamatan Bantur.

Kepala Satpol PP Kabupaten Malang, Nazaruddin Hasan menyampaikan, pemanggilan akan dilakukan paling cepat minggu depan.

“Hari ini anggota kami sedang menyelidiki di lapangan. Karena memanggil mereka juga tidak gampang, soalnya Jakarta langsung,” kata Nazaruddin, ditemui disela-sela agenda paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Selasa (6/4/2021).

Nazar pun menegaskan, tidak hanya di Wonokerto saja, selama ini Satpol PP sudah mengawasi secara ketat keberadaan tower BTS yang diduga belum mengantongi izin di seluruh wilayah Kabupaten Malang.

“Kalau memang banyak tower-tower itu tidak berizin, Satpol PP ini kan anggotanya terbatas. Kadang-kadang data kita tidak sinkron juga. Alangkah baiknya sinergitas antara Perizinan, Bapenda, Kominfo itu kalau bisa ya saling kroscek data,” terangnya.

Nazar juga tidak menampik, selama ada beberapa laporan baik dari dinas terkait ataupun masyarakat terkait tower BTS yang diduga belum berizin.

“Banyak yang kita tindak. Contohnya yang di Bantur ini anggota sudah ada yang kesana. Penindakannya sesuai prosedur. Kita panggil dulu, tanya semua dokumen-dokumen mereka dulu, buatkan berita acara. Kalau ada dokumen-dokumen yang belum lengkap kita beri waktu dua minggu. Kalau sudah panggilan satu, dua, tiga tidak hadir, ya kita tipiring,” Nazar mengakhiri.

Sebagai informasi, sebuah tower BTS setinggi kurang lebih 50 meter terlihat berdiri menjulang di Jalan Taman Suci, Desa Wonokerto, Kecamatan Bantur. Diduga, tower tersebut belum memiliki izin.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Wonokerto, H Choirul Amin menyampaikan, tower tersebut milik provider Telkomsel. Keberadaan tower ini begitu dekat dengan pemukiman warga.

“Bangunan tower itu berada di sebelah rumah saya. Saya tidak pernah dimintai izin baik secara lisan maupun tertulis,” ucap pria yang akrab disapa Irul, Selasa (30/3/2021). (mid/red)