Kapolres Malang: Warga Belum 100 Persen Sadar Protokol Kesehatan

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar saat memberikan keterangan kepada wartawan (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar menyebutkan bahwa masih banyak masyarakat yang belum sadar betul akan pentingnya taat pada protokol kesehatan.

Dalam razia protokol kesehatan yang dilaksanakan Polres Malang beberapa hari terakhir, Hendri menyampaikan bahwa dirinya masih kerapkali kali menjumpai masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan seperti tidak memakai masker.

“Ya tingkat kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker ini belum 100 persen. Masih banyak kita temukan di pasar, di restoran, di pantai-pantai ataupun tempat wisata, ataupun tempat keramaian lainnya itu masih banyak masyarakat kita yang tidak memakai masker,” ucap Hendri, Senin (6/7/2020).

Selain tidak memakai masker, pria kelahiran Solok Sumatera Barat ini menuturkan, banyak masyarakat yang juga mengabaikan himbauan untuk selalu menjaga jarak aman atau phsycal distancing.

“Ada juga yang belum menerapkan, seperti jaga jarak, ataupun protokol kesehatan lainnya,” terang Hendri.

Pria yang sebelumnya menjabat Kasubbag Bungkol Spripim Polri itu menyampaikan jika, selain masyarakat yang masih banyak mengabaikan protokol kesehatan, beberapa tempat usaha juga lalai akan protokol kesehatan.

“Contohnya di restoran, masih banyak yang belum menerapkan agar di setiap kursi itu ditempati oleh dua orang, harus jaga jarak. Kemarin sudah kita lakukan upaya-upaya pendisiplinan, kita laksanakan penindakan. Yang tidak memakai masker kita bawa ke kantor, kita arahkan untuk membuat surat pernyataan,” Hendri mengakhiri. (mid/yog)