Tilik Cerita Kasatreskrim Polres Malang Jatuh Cinta Kepada Kopi

Kasatreskrim Polres Malang, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo menunjukkan kebolehan meracik espreso di ruangannya (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Malang, Ajun Komisaris Polisi Tiksnarto Andaru Rahutomo ternyata memiliki kecintaan kopi.

Sejak tahun 2012 lalu, Andaru mulai memiliki ketertarikan kepada kopi. Pria peraih bintang Adhi Makayasa Taruna 2009 kemudian bercerita awal dirinya berkenalan dengan kopi di masa lalu.

“Sudah sekitar 8 tahun lalu, saat masih di Jakarta. Pertama beli alat Vietnam Drip itu. Masih ada alatnya sampai saat ini. Pertama itu lihat bikinnya enak, kemudian coba bikin. Di Jakarta kan banyak tempat ngopi tuh, karena orang Jakarta itu susah kalau pulang kerja mau ngopi, jadi belilah alat kopi, beli online. Masih ingat saat itu belinya Rp 175 ribu,” kata Andaru, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/10/2020).

Kesukaan Andaru kepada kopi memang terlihat di ruang kerjanya. Beragam alat dan beberapa jenis kopi ada di ruangan yang sehari-hari dibuatnya untuk menjalankan tugas negara.

Andaru pun mengaku, belajar meracik kopi secara otodidak. “Dari YouTube, sama baca-baca. Enggak mencari yang sama, tapi yang sesuai,” terangnya.

Kasatreskrim Polres Malang, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo sedang meracik espreso (Dhimas)

Menurut pria asli Semarang, ketertarikannya terhadap kopi lebih karena nilai historis. Seperti kopi Dampit dan Papua, pasti memiliki sejarah yang berbeda.

“Rasanya beragam. Kopi itu, dia punya sejarahnya. Dia punya ceritanya. Dulu seperti Dampit, itu kan kakao kemudian jadi kopi. Prosesnya juga macam-macam. Mereka punya ciri khas,” ucap Andaru.

Lebih lanjut, Andaru tidak memiliki kopi favorit. Dijelaskan, minum kopi tergantung suasana hati.

“Pingin yang manis ya manis. Pingin yang asem ya Flores Bajawa. Pingin yang agak tebal sedikit asem, Papua. Tergantung suasana. Kalau lagi suntuk ya Vietnam Drip. Paling sering coba single origin V60,” jelasnya.

Ditanya apakah bakal membuka coffeeshop kedepannya? Andaru masih pikir-pikir. Untuk saat ini, ia ingin menikmati kopinya sendiri. “Kayaknya saya akan mencoba menikmati sendiri,” ungkapnya.

Kopi hasil racikan Kasatreskrim Polres Malang, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo (Dhimas)

Terakhir, pria yang sebelumnya menjabat Kepala Reserse Kriminal Polres Gresik memiliki tips bagi yang ingin menikmati kopi secara benar.

“Minum kopi sesuai diri, jangan dipaksain. Jangan terlalu banyak gula,” Andaru, mengakhiri. (mid/yog)