IWO Malang Raya Gelar Raker, Perkuat Soliditas Organisasi Pers

Foto: Para jurnalis yang tergabung di IWO Malang Raya, saat tengah sesi foto bersama usai menggelar rapat kerja. (Eko)

BACAMALANG.COM – Mengawali tahun 2021, IWO (Ikatan Wartawan Online) Malang Raya, menggelar rapat kerja yang bertujuan untuk menyusun pelaksanaan project baru, sekaligus menata program serta memperkuat soliditas organisasi pers.

Dengan bertempat di ruang meeting kawasan wisata Kaliwatu Rafting, Jalan Bung Tomo, No.19, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, rapat kerja itu sukses dilaksanakan.

Pada kesempatan itu, puluhan anggota IWO Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu dari berbagai media online tampak menghadiri.

Ketua IWO Malang Raya Rudi Harianto menjelaskan, rapat kerja yang dihadiri oleh 20 anggota dari 15 media siber itu, membahas tentang program kerja ke depan.

“Ya, selain itu dalam rapat kerja yang padat program ini, dilakukan untuk penguatan organisasi pers, serta berorientasi pada peningkatan peranan media online disegala sektor dan bidang,” terang Idur sapaan akrabnya di sela-sela kegiatan acara, Kamis (7/1/2021).

Hal senada, juga disampaikan Sekretaris IWO Malang Raya, Santoso. Dirinya mengaku optimis, jika IWO Malang Raya bakal lebih produktif lagi di tahun 2021 ini.

“Karena dari hasil rapat kerja kali ini, memang sarat dengan program yang akan segera kami ditindaklanjuti bersama, untuk satu tahun mendatang,” tutur dia.

Jurnalis senior di salah satu media online nasional ini juga menambahkan, sebagai mitra strategis pemerintah, IWO Malang Raya bakal berkomitmen untuk menyajikan berita yang informatif dan mengedukasi khalayak media.

“Pastinya kami bakal menyajikan pemberitaan yang menyampaikan pesan secara masif. Selain itu dalam pemberitaan, kami tentunya juga memberikan warta yang faktual, kredibel dan mudah dipahami masyarakat, serta berimbang. Namun, juga tetap independen,” bebernya.

Dikesempatan yang sama, Alex Yudhawan, SH selaku Penasehat IWO Malang Raya tak lupa pula juga memberikan arahannya.

“Secara organisasi pers, IWO Malang Raya sudah menunjukkan kualitasnya, baik secara personal maupun keanggotaan bagi para jurnalisnya yang tergabung di dalamnya,” ungkap dia.

Menurut Alex Yudhawan yang juga Ketua YUA (Yayasan Ujung Aspal) Jawa Timur ini, mereka (wartawan-red) yang tergabung di organisasi pers IWO Malang Raya, telah menunjukkan kompetensinya.

“Dengan eksistensi dan partisipasi aktif yang ditunjukkan oleh IWO Malang Raya selama ini, ya melalui berbagai pemberitaan tentunya. Namun, terlepas dari semua itu, stigma miring yang selama ini disematkan kepada wartawan online, maka dengan sendirinya bakal terhapus,” tandasnya.

Sekadar diketahui bersama, IWO (Ikatan Wartawan Online) adalah sebuah organisasi pers yang tengah berkembang pesat.

Wadah ini menaungi wartawan online, dan pemilik media siber yang anggotanya telah tersebar dari Aceh hingga Papua.

Saat ini, IWO telah berusia 8 tahun semenjak dideklarasikan di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada 8 Agustus 2012 lalu.

Organisasi pers IWO ini, merupakan organisasi profesi dan bukan organisasi sosial politik yang mempunyai prinsip independen, demokratis dan terbuka.

IWO Malang Raya sendiri telah resmi dikukuhkan pada tahun 2017. Kala itu, seluruh pengurus dan anggotanya dilantik oleh Ketua Umum PP IWO Jodi Yudhono. (Eko)