Walikota dan Wawali Batu Tinjau Sungai Lesti hingga Jalan Semeru

Foto : Walikota dan Wawali Batu, saat melakukan penelusuran penyebab banjir ke beberapa sungai di Jalan Lesti hingga Jalan Semeru. (ist)

BACAMALANG.COM – Usai bencana alam banjir yang terjadi di Jalan Semeru beberapa waktu yang lalu, hari ini, Jumat (7/2/2020), Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko bersama dengan Wakil Walikota Batu H. Punjul Santoso, menyusuri saluran air dari Jalan Lesti hingga ke Jalan Semeru di Kota Batu.

Dari hasil penelusuran yang dilakukan oleh pimpinan tertinggi Kota Batu ini, ternyata masih cukup banyak ditemui sampah rumah tangga yang masih dibuang disungai.

“Saya meminta dan mengharapkan kesadaran kepada masyarakat Kota Batu agar tidak membuang sampah di sungai, akan tetapi buanglah sampah pada tempatnya,” kata Budhe sapaan akrabnya.

Berdasarkan penelusuran itu, tampak beberapa pintu air yang ada masih berfungsi dengan baik, dan ada petugas yang mengaturnya.

“Ketika volume air dari sungai diatasnya besar, maka aliran air tersebut bisa dialihkan ke sungai brantas, sehingga potensi terjadinya banjir dapat berkurang,” tambahnya.

Terkait penanganan banjir yang terjadi di Kali Kebo, Pemkot Batu bakal berencana untuk mengganti dengan box culvert. (Eko)