KPUD Kabupaten Malang Lakukan Tahapan Verfak Bagi Bapaslon

Foto: Petugas Verfak dari PPS Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji saat melakukan Verfak kepada warga. (yon)

BACAMALANG.COM – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Malang yang akan dilaksanakan pada 9/12/2020 mendatang kini telah memasuki massa tahapan  Verifikasi Faktual (verfak) yang dilakukan Komisi pemilihan umum daerah kabupaten Malang.

Petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) mendatangi setiap orang yang ada dalam daftar dukungan calon Bupati dan Wakil Bupati perseorangan Hery Cahyono dan Gunadi Handoko, SH. MM. Mhum yang mengusung tagline Malang Jejeg.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPUD kabupaten Malang, Mahendra Pramudya menjelaskan, bahwa PPS telah melakukan tahapan verifikasi faktual terhadapnya sebesar 80 persen.

“Dari 129.796 data dukungan calon Bupati dan Wakil Bupati perseorangan Malang Jejeg  yang diverifikasi faktual oleh PPS, kami optimis untuk estimasi pencapaian hari ke-10 ini kurang lebih 80 persen dari persyaratan,” kata Marhaendra, Selasa (7/7/2020).

Dia menambahkan, salah satu kendala yang dihadapi orang yang masuk daftar data dukungan ketika diverifikasi oleh PPS ialah pada jam kerja. Sehingga sebagian dari daftar nama yang ada statusnya tidak dapat ditemui.

Mahendra menegaskan, hal itu menjadi tanggung jawab LO kecamatan maupun pihak desa agar dapat menghadirkan orang yang belum dapat ditemui itu agar segera dilakukan diverifikasi langsung.

“Ini memang yang menjadi perhatian kita semua, mengingat Verfak lebih banyak dilakukan saat jam kerja. Sehingga banyak yang tidak bisa ditemui, kita meminta LO untuk mulai melakukan inventarisir pendukung yang masih memungkinkan untuk dikumpulkan agar bisa datang ke sekretariat PPS atau yang lewat video call,” katanya kepada Bacamalang.com

Lebih lanjut, salah satu yang menjadi kendala selama masa verfak ini adalah bagi pendukung yang tidak memiliki Handphone berbasis Android atau nomor Whatsapp. Sehingga akan dianggap tidak mendukung, apabila sampai batas akhir verfak tidak bisa dihadirkan.

Meski dirasa cukup berat, secara kumulatif proses Verfakak itu terkait jumlah orang yang tidak dapat ditemui secara presentase masih aman. Petugas PPS meyakini akan memenuhi jumlah minimal dukungan pasca verfak yang ditetapkan KPU. 

Sementara itu, Panitia Pemungutan Suara Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji, Suwoko mengaku suara dukungan yang disampaikan KPU Kabupaten Malang di desanya ada 513 sedangkan total keseluruhan kecamatan Pakisaji ada 7129 dukungan yang akan dilalukan Verfak. (Yon/Lis)