Lestarikan Alam, Pokdarwis Purwodadi Kec. Tirtoyudo Lepas 10.000 Ikan Nila

Foto: Mukhlis saat melepaskan ikan. (ist)

BACAMALANG.COM – Terpanggil turut melestarikan alam sekitar (perairan), Ketua Pokdarwis Desa Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang Mukhlis mengatakan pihaknya telah melepaskan 10.000 benih ikan Nila.

“Saya senang Pokdarwis kompak. Kami melepaskan 10 ribu benih ikan Nila di perairan sekitar desa untuk ikut berpartisipasi melestarikan lingkungan,” terang Mukhlis, Selasa (7/7/2020).

Mukhlis yang juga seorang guru ini menuturkan, giat pelepasan benih Nila di 2 aliran Sungai Desa Wisata Purwodadi ini, bekerja sama dengan seluruh anggota Pokmas Desa Purwodadi.

Dikatakannya, pelepasan 10.000 benih Nila dilakukan di dua aliran sungai besar yang ada di desa Purwodadi.

Adapun pelepasan ikan ini bertujuan untuk menambah keanekaragaman jenis ikan air tawar yang ada di kawasan perairan desa wisata setempat.

Pria yang mahir berbahasa Inggris ini menjelaskan, sebelumnya sudah ada beberapa jenis ikan air tawar yang dilepaskan di perairan ini.

Diantaranya ikan Mujair, Wader, Sidat dan Betutu. Bantuan bibit ikan ini berasal dari cabang Dinas Kelautan Provinsi Jawa Timur yang ada di Kepanjen melalui kasi konservasi.

Pria yang juga penggerak kesenian desa ini mengungkapkan, untuk pengawasannya nanti dilakukan kerjasama antar pokdarwis dan pokmaswas.

“Kami menjalin sinergi antara Pokmaswas dan pokdarwis untuk penjagaan. Yah semacam dari upaya penangkapan secara ilegal misal disetrum atau diracun,” tutur Mukhlis.

Mukhlis berharap adanya pelepasan bibit ikan ini selain menambah keanekaragaman jenis ikan di perairan juga bisa menjadi atraksi wisata memancing di air tawar dan menjadi menu kuliner yang lezat.

“Harapan Kami selain menambah keanekaragaman jenis ikan di perairan, Kami ingin juga bisa menjadi atraksi wisata mancing air tawar dan menjadi menu kuliner yang lezat,” pungkas Mukhlis. (Had/Red)