Gara-gara Unggah Ulang Cerita Instagram, Sanusi Kampanye Hitam?

Unggahan ulang Cerita Instagram akun @abahsanusi.n1 (ist)

BACAMALANG.COM – Calon Bupati Malang nomor urut 1, HM Sanusi diduga melakukan black champaign atau kampanye hitam yang merugikan calon lain.

Hal ini berawal dari unggahan Cerita Instagram akun Instagram @abahsanusi.n1. Dalam Cerita Instagram tersebut, akun @abahsanusi.n1 menggunggah ulang Cerita Instagram milik akun @mr_attureni.

Akun @mr_attureni sendiri dalam Cerita Instagram-nya mengunggah sebuah foto bersama-sama yang terdapat Calon Bupati Malang nomor urut 2, Lathifah Shohib. Foto itu menunjukkan salam satu jari.

Dalam foto tersebut juga terdapat caption atau keterangan ‘Alhamdulilah akhirnya Bu Nyai Latifah dan tim ladub berubah haluan. Monggo para pendukungnya pindah mendukung nomor 1’.

Detik ini, unggahan ulang Cerita Instagram @abahsanusi.n1 sudah lenyap. Namun, bacamalang sempat mengambil tangkapan layar unggahan Cerita Instagram tersebut. Cerita Instagram itu diketahui dibagikan pada Kamis (5/11/2020).

Usut punya usut, foto yang bagikan dalam Cerita Instagram akun @mr_attureni adalah foto Lathifah ketika kampanye sebelum dirinya duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR.

Apa yang tertulis diatas kemudian ditanggapi oleh Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Malang, George da Silva. Dengan gamblang George menyebut bahwa yang dilakukan akun Instagram @abahsanusi.n1 termasuk dalam kategori kampanye hitam dan menyajikan informasi palsu atau hoaks.

“Itu termasuk black champaign. Tidak benar itu. Sama seperti berita palsu, hoaks,” kata George ketika dihubungi bacamalang melalui sambungan telewicara, Jumat (6/11/2020).

George kemudian menyampaikan, apa yang dilakukan akun Instagram @abahsanusi.n1 dikhawatirkan akan menimbulkan provokasi yang menyebabkan kegaduhan dalam kontestasi politik Kabupaten Malang 2020.

“Ya memang takutnya timbul provokasi,” tegas George. (mid/yog)