Diduga Ajang Kampanye SANDI, Tim Hukum LADUB Laporkan Acara Pengajian di Turen

Ketua Tim Hukum LADUB, Dahri Abdussalam (kanan) saat membuat laporan di Bawaslu Kabupaten Malang (ist)

BACAMALANG.COM – Tim Hukum pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang nomor urut 2, Lathifah Shohib dan Didik Budi Muljono alias LADUB melaporkan kegiatan pengajian bertajuk Pengajian Umum Bulan Gus Dur di halaman Stadion Kahuripan, Turen, Sabtu (5/12/2020).

Tim Hukum LADUB melayangkan laporan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Malang, Senin (7/12/2020).

Kegiatan keagamaan tersebut, diduga berafiliasi dengan kepentingan kampanye pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 1, HM Sanusi dan Didik Gatot Subroto alias SANDI. Apalagi, terdapat kerumunan massa dalam jumlah besar saat kegiatan berlangsung.

“Ketua panitia pengajian tersebut patut diduga adalah Ashari yang merupakan Tim Sukses pasangan calon nomor urut 1, yang menjabat sebagai anggota Divisi Hukum dan Advokasi,” kata Ketua Tim Hukum LADUB, Dahri Abdussalam.

Dahri menambahkan, acara pengajian itu juga dihadiri Sanusi dan Didik Gatot Subroto. Tim Hukum LADUB pun menilai, jika konteks kehadiran Sanusi dan Didik dalam rangka kampanye, hal itu menyalahi aturan.

“Sebab, apabila melihat jadwal yang dikeluarkan oleh KPU, pada tanggal 5 Desember di Kecamatan Turen atau Zona B seharusnya adalah jadwal kampanye pasangan calon nomor urut 2,” ucap Dahri.

Lebih jauh, Dahri menerangkan, ada seseorang yang secara terang-terangan mengkampanyekan pasangan SANDI di depan jamaah yang hadir.

“Dalam pengajian juga terdapat penyampaian yang dilakukan oleh saudara Ardhi Purbo Antono, yang pada pokok penyampaian tersebut patut diduga memenuhi unsur-unsur kampanye pasangan calon nomor urut 1,” terangnya.

Pada saat pelaporan di Bawaslu, Tim Hukum LADUB juga menyertakan bukti. Diantaranya rekaman video pada saat pengajian berlangsung. (mid/yog)