PDI Perjuangan Kabupaten Malang Latih 4.999 Saksi

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Darmadi (paling kanan) saat memberikan sambutan dalam pelatihan saksi di kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Malang memberikan pelatihan kepada 4.999 saksi yang akan bertugas pada pemungutan suara, Rabu (9/12/2020).

Para saksi diberikan pelatihan dalam dua tahap. Ada beberapa materi utama yang diberikan kepada para saksi pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang nomor urut 1, HM Sanusi dan Didik Gatot Subroto alias SANDI.

“Pertama bagaimana mengawal suara. Kemudian bagaimana mengawasi proses, mulai dari pembukaan, sampai dengan penghitungan suara. Itu kita sampaikan bagaimana mekanisme menjadi saksi yang baik, kemudian juga terkait dengan pengamanan suara. Karena apa? Ujung tombak kita dalam pengamanan suara adalah saksi,” kata Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Darmadi, Senin (7/12/2020).

Ditambahkan Darmadi, jika nantinya pada saat pemungutan suara ditemukan ada indikasi kecurangan, saksi sudah diberikan pemahaman soal mekanisme dan langkah-langkah yang harus diambil.

“Tetap melalui jaringan yang kita buat. Apabila ada kecurangan, kita sudah sampaikan untuk membuat, baik itu bentuk keberatan, protes, yang nanti akan dibuat di form keberatan dan sebagainya. Dan insyaallah semua sudah paham,” terangnya.

Pria yang juga Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malang menerangkan, di masing-masing Tempat Pemungutan Suara atau TPS ada dua orang saksi. Rinciannya, satu orang bertugas di dalam TPS dan satu orang lagi bertugas di luar atau sebagai cadangan.

“Selain itu kita menyiapkan kader kita sebagai petugas penggerak pemilih di setiap TPS dua orang. Jadi ini yang akan menjadi kekuatan pasangan SANDI pada saat pemungutan suara,” Darmadi menuturkan. (mid/yog)