Laku Pandai, Ajak Pedagang Kuliner Jago Ber-banking

Foto : Konferensi pers undian Tasaku. (yog)

BACAMALANG.COM – Sejak diluncurkan pada tahun 2014 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), program Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan inklusit) mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat maupun lembaga jasa keuangan sebagal lembaga yang menjalankannya. Layanan Laku Pandai memberikan layanan bank melalui agen. Dengan bertransaksi melalui agen, penduduk desa, pedagang yang merupakan nasabah utama Laku Pandai mendapatkan layanan yang cukup ‘mewah’.

Sebut saja Bank Sampoerna. Melalui TASAKU, Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) mengadopsi program Laku Pandai ini dan sukses menjalankannya di wilayah Jawa Timur. TASAKU
atau Tabungan SAKU yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 di Surabaya, hingga kini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat di kota lainnya seperti Sidoarjo, Malang dan Gresik.

Pasalnya, dengan bertransaksi melalui agen Laku Pandai, masyarakat tak perlu antre di bank untuk menabung, menyetor, menarik uang, dan sebagainya. Selain itu, masyarakat juga bisa bertransaksi kapan saja bahkan di luar office hour bank-bank umum.

“TASAKU memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan tabungan lainnya. Untuk membuka tabungan, nasabah hanya perlu datang ke gerai Alfamart dan Alfamidi yang bertanda stiker Agen SAKU. Selain itu transaksi TASAKU dapat dilakukan hingga jam 9 malam, termasuk pada hari Sabtu atau Minggu dan hari libur. TASAKU juga bebas biaya administrasi bulanan, tanpa minimum saldo serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (PS. Dengan demikian, tabungan ini diharapkan dapat memberikan akses baru bagi masyara kat yang Selama ini belum mengenal atau tidak memiliki waktu untuk bertransaksi di Bank,” tutur Aji, Product Manager TASAKU.

Dalam kesempatan yang sama, beberapa pedagang yang juga hadir saat konferensi pers ini mengatakan bahwa sangat terbantu dengan adanya TASAKU. Penyeto ran uang hasil dagangannya sebelum warungnya tutup selalu dilakukan di Alfa pada malam hari, sehingga tidak perlu membawa uang ke rumahnya.

Sangat membantu dengan adanya TASAKU. Kami tidak perlu membawa uang dagangan ke rumah. Kebetulan warung kami bersebelahan dengan Alfa jadi bisa langsung setor sebelum warung kami tutup di malam hari,” ujar salah seorang pedagang yang hadir saat konferensi pers.

Para pedagang juga diedukasi mengenai cara-cara melakukan transaksi melalui handphone serta diingatkan untuk tetap bijak melakukan transaksi melalui e-banking.

Di era globalisasi dan digitalisasi yang berkembang pesat saat ini, mau tidak mau seluruh pelaku usaha tidak terkecuali para pedagang harus siap menghadapi perubahan. Perlahan tapi pasti, mereka harus sudah bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang serba digital ini.

“TASAKU sudah bisa diakses melalui handphone melalui aplikasi BSS Mobile. Hal ini memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat untuk melakukan transaksi keuangannya. Hanya dengan melalui handphone yang digunakan, sudah dapat melakukan transaksi yang diinginkan, kapanpun dan dimanapun berada,” ujar Aji melengkapi.

Pada akhir tahun 2019 tercatat sudah lebih dari 20 ribu orang yang menggunakan TASAKU, meningkat sekitar 19% jika dibandingkan dengan jumlah pengguna 1 tahun sebelumnya. Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat memperoleh kemudahan untuk menabung melalui TASAKU dan tentunya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap TASAKU semakin meningkat.

Keberhasilan ini tak lepas dari layanan TASAKU yang semakin luas. Terdapat lebih dari 300 outlet Alfamart dan Alfamidi yang melayani TASAKU. Selain itu, tak dapat diabaikan pula adanya edukasi yang dilakukan selama ini sehingga masyarakat lebih memahami manfaat beragam layanan yang disediakan oleh TASAKU.

“Memperhatikan penerimaan masyarakat atas TASAKU selama 3 (tiga) tahun terakhir ini, kami meyakini bahwa masyarakat di seluruh Indonesia selayaknya juga berkesempatan untuk memperoleh manfaat yang sama. Untuk itu, kami akan memperluas jangkauan layanan TASAKU. Jika saat ini layanan TASAKU masih terbatas di beberapa kota di Jawa Timur, kami mengusahakan agar tahun ini TASAKU Sudah bisa dilayani di seluruh Indonesia,” ucap Bernard Erwin Karamoy Branch Manager Bank Sampoerna Malang.

Berbicara mengenai program, sejak diluncurkannya, TASAKU memiliki beberapa program hadiah sebagai bentuk apresiasi atas kepercayaan yang telah diberikan oleh para nasabah. Salah satunya adalah Undian Mega Grand Prize TASAKU. Program undian triwulanan Mega Grand Prize TASAKU akan dilaksanakan pada hari Minggu, 9 Februari 2020 di CFD Idjen Boulevard, Malang

“Melalui Mega Grand Prize TASAKU ini, kami ingin mengapresiasi seluruh nasabah TASAKU yang sudah setia memilih TASAKU sebagai sarana untuk menabung. Acara ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan Dance Competition,” Aji menambahkan.

Pada Mega Grand Prize TASAKU, nasabah yang beruntung akan mendapatkan hadiah utama berupa 1 hadiah utama Paket Umrah senilai Rp 25 juta, 2 kulkas 2 pintu, 2 LED TV 32 inch, 3 sepeda gunung dan 35 saldo tabungan masing-masing senilai Rp 200 ribu serta ratusan undian door prize dengan hadiah utama kupon merah Rp 250 ribu dan kupon emas Rp 1 juta serta ratusan hadiah menarik lainnya.

TASAKU dapat diakses lewat aplikasi BSS Mobile dan memiliki berbagai fitur menarik. Nasabah TASAKU bebas melakukan transaksi keuangan kapanpun dan di manapun. Tidak ada biaya untuk transter dana antar pengguna TASAKU ataupun ke re kening nasabah di Bank Sampoerna. Transter juga dapat dilakukan ke bank manapun dengan biaya transfer yang lebih murah dibandingkan dengan biaya yang dikenakan oleh sebagian besar bank lain di Indonesia. Pembelian pulsa dan berbagai jenis pembayaran juga dapat dilakukan. Kesemuanya ini diperoleh nasabah tanpa dikenakan biaya
administrasi bulanan. TASAKU Mobile dapat diunduh secara gratis melalui Google Play dan App Store dengan nama BSS Mobile. (Hum)