Peringati Hari Pers, PWI Malang Raya Hadirkan 3 Kepala Daerah hingga Menko PMK dalam Webinar

Foto: Webinar peringatan HPN oleh Pengurus PWI Malang Raya. (ist)

BACAMALANG.COM – Pengurus PWI Malang Raya akan menggelar webinar dalam rangka memperingati HPN 9 Februari 2021 pada Senin (8/2/1021) sore mulai pukul 15.00 WIB hingga selesai.

Dalam acara yang disiarkan oleh Arema TV dan Batu TV ini, PWI Malang Raya akan menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Selain itu juga tiga kepala daerah di Malang Raya mulai dari Bupati Malang HM Sanusi, Wali Kota Malang Sutiaji dan Wali Kota Dewanti Rumpoko. Ada pula Anggota DPR RI dari  Komisi VII Andreas Susetyo.

“Kami gelar webinar ini sebagai langkah untuk meningkatkan peran jurnalis dalam membantu pemerintah bersama stakeholder lainnya menghadapi Covid-19. Kita ingin mencari solusi dalam mengawali kebangkitan dan membangun kekuatan melawan pandemi virus mematikan itu,” kata Ketua PWI Malang Raya, Cahyono, Minggu (7/2/2021).

Dia menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 ini berdampak luar biasa. Seluruh lapisan masyarakat tak bisa menghindari. Termasuk juga kalangan wartawan.

Mereka tak hanya terdampak dari aspek sosial dan kesehatan. Namun juga dari aspek ekonomi dan kesejahteraan.

Ditegaskan Cahyono bahwa  wartawan berada di garda terdepan dalam menginformasikan wabah virus mematikan ini. Tak hanya kesehatan fisik yg mereka pertaruhkan. “Nyawa bahkan keluarganya pun juga dipertaruhkan,” jelas dia.

Itu mengingat, lanjut dia, mereka sangat rentan tertular Covid-19.  Sebab selalu bersinggungan dengan banyak pihak. Termasuk paramedis bahkan pasien COVID-19.

“Begitu juga dari aspek ekonomi. Para wartawan itu juga sangat rentan. Apalagi tidak sedikit dari teman-teman wartawan ini yang gajinya di bawah UMR,” ungkap dia. 

Sementara, tutur dia, untuk mencoba buka usaha sampingan sering  terhadang persoalan yang terkadang susah dipahami. Misalnya, kata dia, akses modal ke perbankan susahnya bukan main.

Menurut dia, banyak perbankan yang enggan memberi kredit pada wartawan. Alasannya juga  tak begitu jelas.

“Berangkat dari semua persoalan itu, lewat webinar memperingati HPN ini kami ingin memperoleh informasi dari  Bapak Menko PMK, para kepala daerah di Malang Raya ini dan Bapak Andreas yang anggota DPR RI dari Dapil Malang untuk bisa berbuat. Sehingga PWI Malang Raya ini  bisa berbuat untuk kemaslahatan umat,” kata dia. (*/yga)