Cetak ‘Teenager Journalist’, SMPN 2 Sumberpucung Gelar Pelatihan Jurnalistik

Foto : Ninik Sri Utami. (ist)

BACAMALANG.COM – Guna mencetak wartawan cilik (Teenager Journalist) dan mengasah bakat menulis, SMPN 2 Sumberpucung mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang berlangsung secara berkelanjutan.

Hal ini dikatakan Guru Pembina Siswa SMPN 2 Sumberpucung Kabupaten Malang Ninik Sri Utami, Minggu (8/3/2020).

“Banyak anak didik kami yang berbakat dalam menulis. Kami ingin mengasah bakat mereka dengan mengadakan pelatihan jurnalistik. Diharapkan nanti bisa tercetak Teenager Journalis atau wartawan cilik,” tegas Ninik.

Seperti diketahui, sebanyak 59 siswa kelas 7 dan 8 SMPN 2 Sumberpucung mengikuti kegiatan PJTD yang menghadirkan narasumber pegiat jurnalistik Malang Raya.

Para pegiat jurnalistik tersebut berasal dari berbagai media online, meliputi M. Amin, Dudung dan Triswanto.

Meski digelar pada hari libur (Minggu), puluhan siswa tetap bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan positif kreatif tersebut.

M. Amin salah satu pemateri memaparkan tentang Teknik Menulis Berita yang disampaikan dengan pola interaktif dan dialogis.

“Salah satu faktor penting dalam menulis adalah pentingnya passion. Karena dengan passion, bisa menghasilkan tulisan yang bernas dan bermutu,” terang Amin.

Sementara itu Dudung pemateri lainnya mengatakan, pembuatan berita harus bersifat faktual dan mempunyai narasumber yang jelas.

“Sebuah berita harus ditulis secara riil dan faktual. Berita jangan abal-abal, namun harus mempunyai narsum yang jelas,” urai Dudung.

Suasana pelatihan terasa hangat dan seru, saat salah satu peserta menjawab pertanyaan dari Amin salah satu pemateri.

Amin meminta peserta pelatihan memberikan contoh judul berita yang menarik dan unik untuk bisa dibuat menjadi sebuah berita.

Salah satu peserta Nabila memberikan contoh berita berjudul “Virus Corona Bikin Merana”.

“Judulnya “Virus Corona Bikin Merana”.. Yah sekarang kan lagi menyebar virus Corona membuat banyak orang sakit dan menderita,” tutur Nabila. (Had)