Pemkot dan Polres Batu Gelar Jalan Sehat, Kampanyekan Ini

Foto :Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK., MIK bersam Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si dan masyarakat, saat tengah mengikuti gerak jalan sehat. (Hum)

BACAMALANG.COM – Untuk mengkampanyekan tata cara mencuci tangan yang benar, Pemerintah Kota Batu, Polres Batu bersama dengan Jatim Park Group menggelar jalan sehat di halaman Jawa Timur Park 1, Jalan Kartika, No.2, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, pada Minggu (8/3/2020) pagi.

Dengan mengusung tema ” KWB Sehat, KWB Jatim” kegiatan acara ini diikuti oleh ribuan warga masyarakat Kota Batu dan sekitarnya. Tak ketinggalan pula, Ketua DPRD Batu dan Forkopimda juga hadir di acara jalan sehat tersebut.

Maka tak heran, di area finish jalan sehat ini juga telah disiapkan fasilitas, diantaranya tenda dari tim medis Rumah Sakit yang ada di Kota Batu. Tak hanya itu saja, bahkan mereka juga memberikan pelayanan berupa pemeriksaan kesehatan gratis, dan obat-obatan bilamana ada peserta yang kedapatan membutuhkan obat.

Yang menarik, dari kegiatan itu juga mengkampanyekan tat cara mencuci tangan yang benar. Dan untuk itu, dari pihak panitia telah disediakan pula puluhan fasilitas kran air bersih. Mereka bahkan juga diminta untuk mempraktekkan cara mencuci tangan yang benar.

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK., MIK mengaku sangat antusias, saat menjelaskan dan memberikan contoh soal menjaga kesehatan terutama tangan.

“Momentum kegiatan ini haruslah benar-benar kita manfaatkan secara maksimal. Karena sangat berkaitan erat dengan bagaimana pola menjaga hidup yang sehat, makan sehat, olahraga teratur, ya termasuk yang paling utama salah satunya adalah cuci tangan dengan baik dan benar,” kata Harvi sapaan akrabnya.

Alumnus AKPOL 2001 ini menambahkan, sebelum menjalankan aktivitas sehari-hari atau sesudah aktivitas, harus selalu menjaga kebersihan. Dan menurutnya, masyarakat tidak perlu kuatir dan takut terhadap virus, asalkan bila pola hidup sehat itu sudah dilaksanakan dengan baik dan benar.

“Silahkan melakukan pengecekkan kesehatan di Dinas Kesehatan dan PMI yang sudah disediakan. Dan apabila ada keluhan, maka disediakan obat juga. Hari ini dilaksanakan serentak dari Provinsi hingga Polda Jatim, supaya mengajak semua masyarakat,” imbuhnya.

Mantan ajudan di era Kapolda Jatim, Drs. Machfud Arifin, S.H ini juga berpesan, agar masyarakat untuk selalu senantiasa menjaga pola hidup sehat.

“Kalau badan kita sehat, maka otomatis kita bakal terhindar dari segala hal macam penyakit, dan hidup kita akan sejahtera tentunya,” pungkas dia.

Sementara itu, Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si juga menyerukan untuk selalu hidup sehat. Maka oleh sebab itu, kesehatan merupakan harta yang paling berharga dan kebutuhan yang paling mendasar.

“Ibu dan Bapak yang ada di atas panggung semua ini, para komandan satuan sama-sama memiliki satu tujuan, bahwa pentingnya kesehatan itu haruslah dilakukan mulai dari diri kita sendiri. Dan ketika melakukan sesuatu, terutama yang menyangkut untuk makan, maka aktivitas yang langsung kita lakukan harus cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air yang mengalir. Dari telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, ujung kuku, lengkap. Ibu-ibu jangan bosan memperingatkan putra dan putrinya,” kata Budhe sapaan akrabnya.

Politisi PDIP ini juga menambahkan, bahwasanya kata “SEHAT” itu memiliki peranan arti yang sangat penting.

“Pertama dengan tulisan S, itu seimbang gizi, dan E artinya enyahkan asap rokok. Kemudian yang huruf H itu hadapi stress, serta yang A, awasi tekanan darah, kolesterol dan gula darah. Sedangkan yang terakhir T yaitu berolahraga secara teratur. Kalau kita melakukan lima hidup sehat itu, insyaa Allah segala sesuatu tak perlu terlalu dikhawatirkan. Sebab, kalau kita hidup sehat, maka secara otomatis kita bakal terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan,” tandas dia.

Mantan None Jakarta ini mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Kapolres Batu dan semua pihak yang telah membantu memfasilitasi tempat, serta segala sesuatunya yang luar biasa. Sehingga jalan sehat dan kampanye cuci tangan yang benar bisa terlaksana dengan lancar.

“Terimakasi kepada Bapak Kapolres Batu, masyarakat dan Jawa Timur Park. Semoga Jatim Park Group bisa mendatangkan banyak wisatawan ke Kota Batu. Untuk itu kita harus mempersiapkan segala sesuatunya seperti layanannya,” pungkasnya.

Usai kegiatan acara jalan sehat dan kampanye cuci tangan, panitia telah menyediakan doorprize dengan beragam jenis. Sehingga ribuan peserta jalan sehat dapat berkesempatan untuk mendapatkannya. (Eko)