Kabar Covid-19 Kabupaten Malang : Total 5 Pasien Positif, Bertambah 3 dari Sebelumnya 2 Pasien

Ilustrasi (shutterstock)

BACAMALANG.COM – Hingga kini, ada penambahan 3 pasien positif, sehingga ada total 5 pasien positif Covid-19 di Kabupaten Malang. Diketahui, sebelumnya ada 2 pasien positif.

“Hingga kini ada penambahan 3 pasien positif sehingga ada total 5 pasien positif Covid-19 di Kabupaten Malang. Sebelumnya ada 2 pasien positif,” tegas Plt Direktur Utama RSUD Kanjuruhan, dr Dian Suprodjo di Pendapa PeringgitanĀ Pemkab Malang kemarin, Selasa (7/4/2020).

dr Dian menjelaskan, rincian 3 pasien yang barus saja terkonfirmasi Covid-19 adalah 2 orang tenaga medis perawat dan 1 orang petugas Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI).

Tiga orang tersebut kini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Kondisi kesehatan mereka diketahui sedang baik atau belum ada gejala yang tampak signifikan.

Dikatakannya, secara internal pihaknya sudah melakukanlakukan tracing ke rumah sakit, siapa saja yang sudah kontak dengan yang bersangkutan (2 tenaga medis).

Pihaknya menjalankan screening dengan rapid test dan menjalankan penghitungan selama 14 hari.

Dian menambahkan, selain dianjurkan isolasi mandiri dalam rumah, ketiga pasien harus rutin mengkonsumsi suplemen vitamin. Ia mewanti-wanti agar pasien tidak keluar rumah. 

Terkait kapan akan dilarikan ke rumah sakit, ia menuturkan para pasien dilarikan ke rumah sakit apabila menampakkan gejala akut seperti sesak nafas dan kondisi kesehatannya telah menurun. 

Dijelaskannya, selama masa isolasi harus benar-benar dijalankan, dengan pola hidup sehat imunitasnya akan muncul. Jika nanti sudah ada gejala pada pernafasan secepatnya dilarikan ke rumah sakit.

Ketika di rumah sakit, para pasien akan mendapat perawatan intensif. Pasien positif virus corona diberi suplemen, antibiotik dan infus. 

Dian menjelaskan, Covid-19 memberikan dampak signifikan terhadap kinerja alveolus. Bagian tersebut berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen.

Apabila virus corona menyerang bagian itu (alveolus) kinerja pertukaran oksigen jadi sulit. Jadi untuk pneumonia ini akan diberikan tiga treatment itu. Yakni, suplemen, antibiotik dan infus.

Sebagai informasi, berdasarkan informasi yang dihimpun lewat akun Instagram @jatimpemprov jumlah orang yang terkonfirmasi virus corona di Kabupaten Malang berjumlah 10 orang.

Rinciannya, 1 orang meningal, 4 orang sembuh, dan 5 orang masih dirawat. (had)