Peringati Hari Lahir Pancasila dan Haul Bung Karno, Ini Cara PDIP Kabupaten Malang

Kegiatan khotmil qur'an yang digelar di Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Malang (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau DPC PDIP Kabupaten Malang melaksanakan khotmil qur’an dan doa bersama, Senin (8/6/2020).

Khotmil qur’an itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila sekaligus Haul Presiden Republik Indonesia pertama, Sukarno.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto mengatakan bahwa kegiatan ini merefleksikan partai berlambang banteng tersebut yang nasionalis dan religius.

“Ini menunjukkan bahwa PDI Perjuangan adalah partai yang nasionalis – religius. Kita ingin menunjukkan religiusnya PDI Perjuangan, maka ini kita gelar,” kata Didik.

Didik menambahkan, dalam sila Pancasila merupakan bagian dari ajaran agama Islam. Terutama ditekankan pada sila pertama.

“Dari sila pertama sampai sila kelima, pada prinsipnya itu ada dalam ajaran al-quran. Mulai darimana kita mengenal ketauhidan, Tuhan yang esa. Kemudian di dalamnya ada ajaran-ajaran. Apalagi kalau kita bisa memaknai itu semua, kita akan menjadi bagian orang Islam yang baik,” terangnya.

Pria yang juga menjabat Ketua DPRD Kabupaten Malang tersebut menyebutkan, selain digelar di DPC, para Pengurus Anak Cabang atau PAC PDIP Kabupaten Malang juga diintruksikan untuk menggelar khotmil qur’an.

“PAC-PAC kemarin kita minta untuk melakukan hal yang sama,” tukas Didik. (mid/yog)